Bangun Kemandirian Jam’iyah, MWC NU Candipuro Gelar Bimtek Lazisnu

oleh -dibaca 105 orang
Bangun Kemandirian Jam'iyah, MWC NU Candipuro Gelar Bimtek Lazisnu

NU-LUMAJANG.OR.ID, Candipuro. Majlis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU)   Candipuro menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Lazisnu/Upzis di Kantor MWC NU Candipuro pada Sabtu (22/02/20) untuk membangun kemandirian jema’ah.

Menurut Ketua MWC NU Candipuro, Ibnu Shodiq menjelaskan bahwa Bimtek diikuti oleh seluruh pengurus MWC dan Ranting NU se-kecamatan Candipuro.

“Meskipun di tingkatan Ranting masih belum ada Lazisnu/UPZIS, namun saya ikut sertakan dalam Bimtek tersebut, agar ada kesamaan visi atau persepsi sehingga bisa bersinergi untuk suksesnya program Lazisnu,” tuturnya.

Baca Juga:  PC Lazisnu Lumajang Distribusikan Zakat pada 33 Mustahiq

Ia juga memaparkan bahwa pengurus Ranting NU yang selama ini cenderung kurang aktif, setelah mengikuti Bimtek diharapkan bisa termotivasi dan proaktif berkenaan dengan program-program Lazisnu terkait G-KOIN, dan yang lainnya.

“Bimtek ini diisi langsung oleh Waka PCNU, yaitu Ustadz Salakhuddin,” imbuhnya.

Salakhuddin memaparkan bahwa fundraising (pengumpulan dana, red) adalah salah satu dari perintah kader, sehingga (agar efektif) Pengurus UPZIS / JP ZIS semestinya diisi oleh Kader.

Bangun Kemandirian Jam'iyah, MWC NU Candipuro Gelar Bimtek Lazisnu
para Pengurus MWC dan Ranting NU Candipuro saat mengikuti BIMTEK Lazisnu

“Keanggotaan NU yang besar merupakan potensi bagi program fundraising, sehingga harus direspon secepatnya oleh kepengurusan NU di semua tingkatan agar tidak dimanfaatkan oleh ormas lain yang mulai menirukan program fundraising NU,” ungkapnya.

Baca Juga:  PC LAZISNU Lumajang Buka Kantor Sekretariat Baru

Salakhuddin juga menambahkan bahwa secara sosial-ekonomi, sebagian besar warga NU termasuk pengurusnya adalah kalangan menengah ke bawah. Fundraising diharapkan mampu menjawab persoalan tersebut.

“Sehingga ke depan, NU tidak hanya hadir dalam acara (persoalan) keagamaan atau pendidikan saja, melainkan juga dalam persoalan sosial dan ekonomi yang dihadapi oleh warganya,” pungkasnya.