KH. Saifullah Ma’shum : Al-Qur’an Sebagai Solusi Meminimalisir Dampak Negatif Handphone

oleh -dibaca 50 orang

NU-LUMAJANG.OR.ID, Lumajang, Ketua Jam’iyyah Qurra’ wal Huffadz (JQH) PBNU, KH. Saifullah Ma’shum hadiri Konfercab JQH Lumajang di pondok pesantren Raudlatul Qur’an Pulosari, pada Ahad (16/02/20).

Ketua JQH PBNU menjelaskan bahwa saat ini adalah era di mana politik makin menjadi-jadi. Segala hal yang tidak benar akan tampak benar. Berita bohong mudah dipercaya, dan lain sebagianya.

Baca Juga:  Bupati Lumajang Adakan Khotmil Quran Huffadz Setiap Bulan Sebagai Ikhtiyar Batin

“Sekarang pemimipin dihujat dan dicari-cari kesalahannya. Gara-gara Handphone (Hp) orang bisa dengan mudah mencari-cari kesalahan orang lewat media sosial dan menimbulkan perpecahan. Bahkan, Hp dapat mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat” tuturnya.

Kiai Saifullah juga memaparkan bahwa hendaknya masyarakat jangan mudah menerima berita yang diakses dari media sosial. Melainkan harus melakukan cek terlebih dahulu, secara bertahap dan berulang untuk mengetahui keabsahan informasi.

Baca Juga:  KH. Mohammad Darwis : Pengurus Baru Diharap Mampu Melanjutkan Perjuangan

“Maka dari itu, para ummat Al-Qur’an wajib menciptakan masyarakat yang positif dalam bersosial dan dapat menjadikan Hp lebih banyak bermanfaat dari pada mudharatnya,” ujarnya.

Beliau juga menyatakan bahwa pada bulan April mendatang, JQH PBNU akan melaunching aplikasi Al-Qur’an. Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir dampak negatif Hp.