KH. Mohammad Darwis : Pengurus Baru Diharap Mampu Melanjutkan Perjuangan

oleh -dibaca 99 orang

NU-LUMAJANG.OR.ID, Lumajang, Pengurus Cabang Jam’iyyah Qurra’ wal Huffadz (JQH) menggelar Konferensi Cabang (Konfercab) di Pondok Pesantren Raudlatul Qur’an Pulosaro, pada Ahad (16/02/20).

Ketua JQH PC NU Lumajang (Demisioner), KH. Moh. Darwis mengatakan bahwa Konferensi cabang menjadi tanda berakhirnya masa khidmat dan pengabdian kami, pengurus periode 2015-2020.

“Terima kasih kepada seluruh pengurus yang telah memiliki ghirah, selalu berjuan tanpa kenal lelah. Sehingga Jam’iyyah Qurra’ wal Huffadz dapat dikenal di Lumajang,” tuturnya.

Beliau menjelaskan bahwa dahulu, setelah dua bulan dilantik. Kami berkeliling Lumajang dan memastikan pengurus JQH terbentuk di semua PAC (Pengurus Anak Cabang). Dapat dipastikan hingga saat ini SK (Surat Keputusan) PAC JQH semuanya hidup.

Baca Juga:  JQHNU Lumajang Gelar Khotmil Serentak dengan Model Kavling

“Masing-masing pengurus memperkenalkan JQH seusai bidangnya. Devisi bidang Huffadz dengan Khotmil Qur’an, pengembangan tilawah oleh Devisi tilawah. Pengembangan tafsir oleh Devisi tafsir, dan Devisi bidang Tartila dengan mengembangkan metode tartila,” imbuhnya.

Beliau juga memaparkan bahwa pada tahun 2019, JQH mencanangkan program Jamqur to shcool, yang memberikan pendidikan mengaji di sekolah. Sehingga, mengaji tidak hanya di TPQ saja.

Baca Juga:  Konfercab V: Gus Mamak Nahkodai Pagar Nusa Lumajang

“Ke depan, kami akan mengadakan MoU (Memorandum of Understanding) dengan Dinas Pendidikan untuk mendampingi sekolah-sekolah yang berada di bawah LP Ma’arif dalam mengembangkan metode tartila,” pungkasnya.

Beliau menginformasikan bahwa masih banyak program yang belum terlaksana, salah satunya adalah pembangunan Qur’an Center. Oleh karena itu pengurus yang akan datang diharap mampu untuk melanjutkan program-program yang belum terealisasi.

“Saya yakin, pengurus yang akan datang memiliki semangat tinggi untuk memasyarakatkan Al-Qur’an, dan mengal-Qur’ankan masyarakat” tuturnya.