Menjaga Keberlangsungan Kaderisasi, PAC IPNU-IPPNU Padang Gelar Makesta

oleh -dibaca 178 orang

NU-LUMAJANG.OR.ID, Padang, Pengurus Anak Cabang (PAC) IPNU dan IPPNU Padang menggelar Makesta (Masa Kesetiaan Anggota) di SMP Nuris Barat Padang, pada Ahad (15/02/20).

Kegiatan Makesta PAC IPNU-IPPNU Padang dibuka secara resmi oleh Ketua MWC NU Padang, Ustadz Edi Nanang Sofyan Hadi. M.pd.

“Kegiatan ini merupakan rangkaian proses dari terlantiknya pengurus PAC IPNU-IPPNU Padang beberapa bulan yang lalu,” ujar Ketua MWC NU Padang.

Ketua MWC NU Padang menekankan pada bagaimana generasi melinial NU bisa menghadapi segala rintangan, hambatan dan tantangan menjelang usia satu abad NU.

“Apalagi, sekian tahun Kecamatan Padang belum terbentuk kepengurusan PAC IPNU-IPPNU. Harapannya, dengan Makesta ini, kader NU muda yang tergabung dalam IPNU-IPPNU bisa menyiapkan generasi yang lebih baik,” ungkapnya.

Baca Juga:  Mantap, PC IPNU IPPNU Lumajang Lantik 12 PAC

Ia juga berpesan bahwa kesuksesan pemimpin adalah sejauh mana ia menyiapkan kader-kader yang siap melanjutkan kepemimpinan berikutnya. Bukan menjadi pemimpin yang tidak memiliki kader atau penerus kepemimpinan berikutnya.

“Karena pemimpin yang gagal adalah pemimpin yang gagal menyiapkan kaderisasi di masa depan,” imbuhnya.

Ketua Panitia, Imroatus Saadah, menjelaskan bahwa kegiatan Makesta adalah pelatihan singkat yang memuat pengenalan tentang faham Ahlussunah Wal Jama’ah (ASWAJA) bagi IPNU dan IPPNU.

Baca Juga:  Galang Dana Capai 9 Juta, IPNU-IPPNU Klakah Santuni 150 Anak Yatim

“Selain itu, mengikuti Makesta adalah salah satu syarat menjadi anggota IPNU dan IPPNU yang sah,” imbuhnya.

Menurut ketua panitia, tujuan Makesta antara lain untuk mengenalkan banom NU, khususnya IPNU-IPPNU kepada peserta, memberi pemahaman pentingnya organisasi, juga menanamkan ideologi Faham Aswaja, dan memberi stimulus peserta untuk selalu belajar, berjuang, dan bertaqwa.

Menurut Ketua PC IPNU Lumajang, Taufik Ismail, mengucapkan selamat atas terselenggaranya Makesta di Padang, karena saat ini adalah momentum kebangkitan PAC IPNU-IPPNU Padang, setelah vakum selama 15 tahun terakhir.

“Harap saya, semoga kaderisasi NU tumbuh kembang di Kecamatan Padang,” ujarnya.