Peduli Korban Banjir Bandang Ijen, Puluhan Kader PMII Lumajang Galang Dana

oleh -dibaca 163 orang

NU-LUMAJANG.OR.ID, Lumajang – Banjir bandang yang menerjang desa Sempol Kecamatan Ijen Kabupaten Bondowoso, pada Rabu 29 Januari 2020 kemarin mengundang banyak perhatian dari berbagai elemen masyarakat, termasuk PMII Lumajang.

Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) STAI Bustanul Ulum Krai, menggelar aksi galang dana di tiga titik Jalan Raya Lumajang – Jember, Jumat (31/01/2020).

“Hari pertama kita galang dana ini di 3 titik dulu mas, kemugkinan di hari-hari berikutnya akan pindah dan nambah titik,” ungkap Koordinator Dana, Fahmi Idris saat dikonfirmasi LTN NU Lumajang.

Baca Juga:  Ketua PC PMII Lumajang Minta PMII STIH Bangkit Kembali

Lebih lanjut ia menjelaskan jika penggalangan dana ini merupakan bentuk kepedulian mahasiswa untuk ikut membantu meringankan beban para korban.

“Kegiatan ini merupakan pengamalan dari Nilai Dasar Pergerakan PMII mas yaitu Hablun Minan Nas atau Hubungan sesama manusia,” tambah Fahmi.

Di hari pertama ini, para mahasiswa berhasil mengumpulkan uang dari para pengguna jalan sebesar 3 juta rupiah lebih, rencananya bantuan berupa uang ini akan disalurkan melalui Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Lumajang.

Baca Juga:  PK PMII Syarifuddin Gelar Rapat Tahunan Komisariat

Sebelumnya, banjir bandang dari kawasan perbukitan Ijen menerjang dua desa di Kecamatan Ijen, Bondowoso. Sedikitnya 200 rumah warga terdampak banjir yang membawa material lumpur itu.

Berdasarkan data sementara BPBD Jawa Timur, warga yang terkena dampak banjir bandang ada sekitar 2.028 jiwa di Desa Kalisat dan Desa Sempol sebanyak 1.996 jiwa. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa banjir bandang ini.

Pewarta : Ana Lailatul Fitri
Editor : Redaksi