Lirik Potensi Baru, PC LPPNU Lumajang Lakukan Kunjungan pada Petani Vanili Ambulu

oleh -dibaca 145 orang

nu-lumajang.or.id, Jember – Pengurus Cabang Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama (PC-LPPNU) Lumajang melakukan kunjungan ke Asosiasi Petani Vanili Indonesia yang berada di desa Wuluhan Ambulu Jember pada hari Sabtu (18/01/2020).

Guna melirik potensi baru di bidang pertanian vanili ini, ikut dalam kunjungan tersebut Penasehat LPPNU KH. Sirojuddin Yusuf, Ketua M.Ashari, Sekertaris Huzaini dan jajaran pengurus lainnya.

Menurut Huzaini, tujuan diadakannya kunjungan tersebut adalah untuk menggali informasi secara detail cara bertani tanaman vanili mulai dari proses pengolahan lahan hingga panen.

Baca Juga:  Kembangkan Peternakan, LP2NU Lumajang Fokus Pengemukan Sapi

“Banyak hal yang kita gali tentang tata cara bertani vanili, mulai dari metode penanaman bibit, pengolahan tanaman sampai ke pemasarannya sekalipun”.tuturnya.

“Dengan mengembangkan budi daya tanaman vanili di Lumajang, akan memberikan pilihan baru pada masyarakat untuk memanfaatkan lahannya untuk memberikan nilai tambah secara ekonomis” imbuhnya.

Huzaini menambahkan, kedepan PC LPPNU Lumajang dapat ikut serta budidaya vanili dengan cara yang benar, dengan produksi yang bagus, serta dapat jaminan harga yang kompetitif.

Baca Juga:  LPPNU Lumajang dan PT BCA Jember Rencanakan Kerjasama dalam Pembibitan Mentimun

“Kita akan melakukan pembinaan dan pelatihan kepada Nahdliyyin untuk terus berinovasi dalam bidang pertanian sehingga mampu mewujudkan kemandirian”. pungkasnya

“Tanaman vanili belum terlalu diminati petani. Di Lumajang tanaman vanili ini masih terbilang langka. Penyebabnya lantaran kurangnya ilmu budidaya tanaman vanili di masyarakat”tutupnya

Oleh : el shofa

Editor : Redaksi