LPNU Kunjungi Senduro Guna Pendampingan BUMDES

oleh -dibaca 137 orang
LPNU Kunjungi Senduro Guna Pendampingan BUMDES

NU-LUMAJANG.OR.IDSenduro.  Lembaga Perekonomian Nahdaltul Ulama (LPNU) sebagai Penyedia Peningkatan Kapasitas Desa (P2KD) mulai melakukan kunjungan ke Kecamatan Senduro pada Kamis (16/01/2020).

Menurut Ketua Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Senduro, Imron Jalil, kunjungan untuk pendampingan baru hari ini digelar, dan akan terus dilakukan untuk kontinuitas pemberdayaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES).

“Di Kecamatan Senduro, sudah ada tujuh Desa yang membentuk BUMDES, dan BUMDES lain akan segera dibentuk. Acara ini dihadiri oleh Bapak Sekretaris Kecamatan dan tiga orang tim dari LPNU”, imbuhnya.

Baca Juga:  Ranting NU Bedayutalang Lakukan Sinkronisasi Program dengan Pemdes

Jalil menambahkan, bahwa Sekcam dan Ketua LPNU berharap ada sinergi di BUMDES Senduro. Sehingga dapat meningkatkan kualitas pengurus BUMDES.

“BUMDES adalah kebijakan umum untuk memberdayakan Desa. Karena menurut Bapak Sekcam, perangkat Desa tidak bisa jualan, jadi harus membentuk unit baru. Pangsa pasarnya adalah masyarakat sekitar dan perangkat desa sendiri,” jelasnya.

Sekcam juga menambahkan, bahwa semua Desa mempunyai peluang yang sama untuk membuka usaha, hanya saja tergantung Desanya, mau atau tidak untuk diajak berkembang.

Baca Juga:  Bentengi Amaliah NU, Ranting Pandansari Adakan Kajian Fikih

“Sumber Daya Alam di Kecamatan Senduro sangat banyak, antara lain Susu Sapi, Susu Kambing dan Pisang Mas Kirana. Bahkan saat ini, sudah ada masyarakat di Desa Wonocepoko yang mengolah susu menjadi keju dan lain sebagainya. Oleh karena itu, kehadiran BUMDES sangat bermanfaat dalam pemberdayaan Desa,” jelas Sekcam Senduro.


Pewarta: Zahrotul Farodis Diana
Editor: Redaksi