Pra Makesta, IPNU-IPPNU Gucialit Gelar Pelatihan Kepanitiaan dan Fasilitator

oleh -dibaca 153 orang
Pelatihan-Kepanitiaan-IPNU-Gucialit
Sekretaris MWC NU Kecamatan Gucialit Ahmad Afandi, S.Pd sedang memberikan materi pelatihan, pada Senin Malam, 13/01/2020

NU-LUMAJANG.OR.ID, Gucialit. Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Gucialit menyelenggarakan Pembekalan Materi Manajemen Kepanitian dan Fasilitator di Rumah Ketua PAC IPPNU Gucialit Rekanita Ainun, Senin Malam, 13 Januari 2020.

Hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Majelis Wakil Cabang (MWC) Nahdlatul Ulama Kecamatan Gucialit Ahmad Afandi, S.Pd yang juga sebagai pemateri serta 20 orang pengurus IPPNU-IPPNU dan Panitia Makesta.

Ketua Panitia Masa Kesetian Anggota (Makesta) Tukas Vidayanti menjelaskan tujuan diadakan acara ini adalah untuk mempersiapkan Kepanitian Makesta agar terselenggara dengan Sukses.

“ini adalah Makesta Perdana yang kami adakan di PAC Gucialit, maka dari itu perlu pelatihan ini agar panitia nanti faham tupoksi masing-masing,” kata Vida.

Vida menjelaskan bahwa ini merupakan rangkaian acara untuk persiapan Makesta.

Baca Juga:  Sukseskan Makesta IPNU-IPPNU, PAC Ansor Tempursari Kirim Belasan Pelajar

“Dalam kegiatan ini selain pelatihan juga setelahnya diadakan rapat koordinasi antara panitia”, tambah Vida.

Vida juga berharap dengan diadakan pelatihan dan rapat koordinasi kekurangan dalam kepanitian bisa dipenuhi dan acara Makesta bisa sukses.

“Semoga Makesta I PAC IPNU-IPPNU Gucialit tahun 2020 ini bisa sukses dan memberikan manfaat besar bagi Kaderisasi di tubuh Nahdlatul Ulama terutama dikalangan pelajar,” pungkasnya.

Sementara dalam pemaparannya, Afandi menitik beratkan pada kemampuan panitia dalam merencakan, mengorganisir, melaksanakan, mengontrol dan selajutnya mengevaluasi sebuah kegiatan.

“Kinerja masing-masing seksi atau bidang dalam kepanitiaan menjadi penentu kesuksesan acara,” papar Afandi.

Lebih lanjut Afandi menerangkan bahwa kontrol dan pengawalan ketua panitia menjadi ujung tombak efektifitas masing-masing bidang. Semua akan tercapai jika seluruh komponen panitia bisa melakukan komunikasi dan koordinasi dengan baik.

Baca Juga:  PAC IPNU-IPPNU Tempeh Bagi Ratusan Takjil dan Masker

“Kita harus bekerja sama, jangan sama-sama kerja. Jika pekerjaan bidang yang lain sudah terpenuhi maka kewajiban kita untuk membantu tugas bidang lainnya,” tukas mantan aktifis PMII Lumajang ini.

Ketua PAC IPNU Gucialit Adam juga menyampaikan bahwa pelatihan yang diadakan ini sangat bermanfaat bagi para pelajar.

“sebagian pengurus dan panitia juga memiliki pengalaman melaksanakan kegiatan disekolahnya sedang sebagian besar lainnya memang masih baru mas, jadi kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami, sehingga harapan kami Panitia betul-betul siap dalam melaksanakan tugas masing-masing,” kata Adam.

Setelah acara pembekalan selesai kegiatan dilanjutkan dengan agenda rutin yakni pembacaan surat yasin dan tahlil serta ditutup doa.


Pewarta: Dyo
Editor: Redaksi