LFNU Lumajang Himbau Warga NU Gelar Sholat Gerhana Matahari

oleh -dibaca 284 orang

NU-LUMAJANG.OR.ID – Sukodono. Lembaga Falakiyah Nahdaltul Ulama (LFNU) Lumajang menghimbau warga NU untuk menggelar sholat sunnah Gerhana Matahari pada hari Kamis besok (26/12). Pasalnya, Gerhana Matahari cincin ini bisa terlihat warga Lumajang kurang lebih lima jam lamanya.

“Kami telah membuat edaran himbuan sholat sunnah Gerhana Matahari pada semua pengurus NU Lumajang. Mulai dari PCNU, MWC dan Ranting NU. Karena fenomena alam ini sangat terbilang langka. Karena warga Lumajang bisa lama melihat gerhana tersebut,” ungkap Ketua LFNU Lumajang Hidayatullah, saat di temui di kantornya, Ahad (22/12/19).

Baca Juga:  LFNU Gelar Rukyatul Hilal di Pantai Mbah Drajid, Ini Hasilnya

Untuk Lumajang, Warga NU bisa melihat Gerhana Matahari ini mulai jam 11:06:09 hingga 14:33:37. Dalam kurun waktu yang cukup lama ini, warga NU Lumajang bisa melihat Gerhana Matahari mulai dari awal hingga akhir.

” Warga NU Lumajang bisa mengetahui Kebesaran Allah dalam mengatur alamnya semesta. Sehingga Kita makin meningkatkan ketakwaan pada Allah SWT,” terangnya.

Baca Juga:  LFNU Lumajang Akan Lakukan Pengamatan Gerhana Matahari Sore Nanti

Maka pada tanggal 29 Desember itu, semua pengurus NU maupun warga NU Lumajang dihimbau menggelar sunnah Gerhana Matahari saat terjadinya peristiwa alam tersebut. Selain hukumnya Sunnah, Tujuannya guna meningkatkan keimanan pada Allah SWT.

“Kalau pelaksanaan Sholat Gerhana Matahari enaknya usai sholat Dhuhur. Yaitu sholat duhur berjemaah, lalu dilanjutkan dengan sholat sunnah Gerhana Matahari,” pungkasnya.