Begini, Cara Musholla Miftahul Jannah Bades Mempertahankan Amaliah NU

oleh -dibaca 119 orang

NU-LUMAJANG.OR.ID, Lumajang
Mushollah Miftahul Jannah, Dusun Purut Desa Bades Kecamatan Pasirian yang berlabel NU ini ternyata mempunyai cara untuk syiar dan mempertahankan amaliah NU (Aswaja Annahdliyah). Salah satunya dengan membentuk jam’iyah Khotmil Qur’an.

Menurut Ustadz Ponali selaku ketua jam’iyah saat didatangi tim NU-Lumajang.or.id pada Sabtu Malam (14/12/19) di mushollah Miftahul Jannah menuturkan bahwa jam’iyah tersebut sudah lama terbentuk dengan tujuan sebagai bentuk syiar, membantu warga Nahdliyyin dan melestarikan amaliyah NU.

Ketua Jam’iyah, Ponali juga menyampaikan bahwa didirikan jam’iyah tersebut merupakan cara Musholla Miftahul Jannah dalam mempertahankan amaliyah NU.

Baca Juga:  LPBI NU Lumajang Apresiasi Apel Jambore OSTB V di Pantai Wotgalih

”Kami membentuk jam’iyah ini juga salah satunya bertujuan untuk syiar, melestarikan amaliyah NU yang berlandaskan ahlussunah wal jamaah,” ucapnya.

“Cara syiar kami melalui Kegiatan Khotmil Qur’an yang saya beri nama Al-Istiqomah ini, dengan aktif mendoakan Ahli Kubur dengan Khotmil Qur’an secara rutin dan memberikan sumbangan do’a pada peringatan wafatnya seseorang seerti tujuh hari, empat puluh hari, seratus harinya” ujar Ponali

Jam’iyah Khotmil Qur’an ini sudah lama terbentuk di musholla Miftahul Jannah Bades dengan jumlah anggota sekitar lima orang.

Bukan hanya itu, Misnoyo sebagai anggota jam’iyah dalam pernyataanya juga mengungkapkan bahwa sehubungan dengan adanya jam’iyah tersebut, semakin bermanfaat bagi masyarakat dalam membantu, mengayomi warga Nahdliyyin yang sedang membutuhkan khataman Al-Qur’an di rumahnya.

Baca Juga:  Ratusan Pelayat Hantar Kyai Sulthon Fatoni Ke Makam Jogoyudan Lumajang

“Kami sering diundang oleh masyarakat untuk khataman di rumah untuk turut membantu mendoakan orang yang telah wafat dengan diisi kegiatan khotmil qur’an seperti peringatan tujuh hari, empat puluh hari, seratus hari, seribu hari dan lain sebagainya” ungkap Misnoyo

“Semoga kedepanya anggota jamiyah ini terus bertambah dan semakin Istiqomah dalam merawat tradis Nahdlatul Ulama dan bisa berkembang ke musholla-musholla yang lain”. Tambahnya.

Pewarta : ukie