Sambut UNBK, LP Ma’arif NU Kecamatan Yosowilangun Gelar Istighotsah Kubro

oleh -dibaca 137 orang

NU-LUMAJANG.OR.ID, Yosowilangun -Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU se-Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang menggelar istighotsah kubro di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurul Islam Desa Kraton Kacamatan setempat, Sabtu (14/12/19).

Kegiatan ini dilakukan, guna menyambut Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) beberapa bulan kedepan.

Hadir dalam acara ini, ribuan siswa dan ratusan gurus LP Ma’arif se-Kecamatan Yowoilangun.

Bahkan Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Lumajang Gus Masud, Sekretaris PCNU Lumajang, Gus Noval dan Ketua PC LP Ma’arif Fariq Su’udi juga mendatangi acara tersebut.

Menurut Ketua PCNU Lumajang Gus Muhammad Masud, kegiatan ini guna menyambuat UNBK tingkat MI, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah.

Baca Juga:  Rayakan Harlah NU ke-94, MI Nuris Yoskid Gelar Istighotsah Akbar

Harapannya, dengan meminta pertolongan pada Allah, nantinya siswa dalam melaksanakan ujian bisa lancar dan sukses.

“Cara-cara ini merupakan tradisi NU yang harus tetap dilestarikan. PCNU Lumajang mengajak pada semua warga nahdliyyin tetap rajin menggelar istighoah, guna mendapatkan ampunan dan dipermudahkan dalam segala kesulitan,” sambutnya di hadapan para jemaah istighotsah.

Meski sebenarnya, Menteri Pendidikan RI telah mewacakan pelaksanaan UNBK ini cukup hingga tahun 2020 ini. Sedangkan selanjutnya, sekolah tak lagi ikut menyelenggarakan UNBK.

“PCNU Lumajang terus menyeru pada para siswa dan dewan guru dilingkungan Ma’arif tetap melestraikan tardisi istighotsah tersebut. Meski UNBK akan dihapus. Karena Istighotsah merupakan salah satu ciri khas tradisi NU,” terangnya.

Baca Juga:  1700 Peserta Ramaikan Lomba Mewarnai Hari Santri

Sementara itu, Ketua PC LP Ma’arif Fariq Su’ud meminta LP Ma’arif Kecamatan Yosowilangun segera merealisasikan dua program unggulan PC Ma’arif Lumajang, Pendirian Satuan Komunitas Pramuka (SAKO) di sekolah-sekolah serta terus meningkatkan kualitas dewan guru di sekolah LP Ma’arif.

“Kami ingin pada tahun-tahun mendatang, LP Ma’arif menjadi lembaga yang unggul dari semua aspek. Sehingga LP Ma’arif menjadi kiblat pendidikan di Lumajang khususnya dan nasional pada umumnya,” pungkasnya.