Ribuan Warga NU Rayakan Maulid Nabi di Masjid Nurul Islam

oleh -dibaca 85 orang

NU-LUMAJANG.OR.ID, Yosowilangun – Ribuan Warga NU merayakan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Nurul Islam Dusun Meleman Desa Wotgalih Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang, Rabu (20/11/19).

Menurut Ketua Panita Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Masjid Nurul Islam,  Ustad Abdul Mutolib, acara ini merupakan acara rutian setiap setiap tahunnya. Tujuannya, ingin mengajak pada umat Islam dan warga NU pada khususnya makin cinta pada Nabi Muhammad.

” Alhamdulillah, antusias para warga NU sangat tinggi. Mereka hadir untuk merayakan peringatan Maulid Nabi di Masjid ini,” ungkapnya.

Baca Juga:  Haul KHR. As'ad Syamsul Arifin, Ratusan Jemaah Padati Masjid Agung Lumajang

Semua biaya dalam acara ini hasil sumbangan umat islam di Dusun Meleman. Mulai menyumbang dengan tunai, makanan, minuman dan buah-buahan.

” Tanpa dikomando, warga bergotong royong menyelenggarakan acara peringatan kelahiran Nabi akhir zaman tersebut,” terangnya.

Apalagi acara ini juga dimeriahkan dengan musik hadroh serta diakhiri dengan ceramah agama. Kiai Abdulloh Hanani Samsul Arifin, M.Hum memberikan tausyiah agama. Dalam dakwahnya, Kiai Abdulloh, panggilan akrabnya, mengajak pada umat islam merayakan peringatan Maulid Nabi.

Baca Juga:  Ketua PCNU: Arya Wiraraja, Raja Islam Pertama Di Tanah Jawa

” Karena peringatan yang hadir setahun sekali ini demi kecintaannya pada kanjeng Nabi Muhammad SAW,” tambahnya.

Utamanya di Indonesia, tradisi maulidan dengan membawa aneka buah dan masakan ini merupakan tradisi yang diwariskan para salafus sholeh, Sunan Bonang. Kegiatan seperti terus lestari hingga saat ini.

” Karena tradisi ini telah diajarkan para wali, Kami mengajak pada umat Islam dan warga NU pada khususnya, terus melestarikan tradisi maulidan tersebut,” pungkasnya.


Pewarta: Ridwan Abdul Majid

Editor: Redaksi