Begini, Cara MI Ma’arif NU Nurul Islam 01 Bades Tanamkam Cinta Ulama dan Cinta Alam

oleh -dibaca 215 orang

NU-LUMAJANG.OR.ID – Candipuro – MI Ma’arif NU Nurul Islam 01 Bades memiliki cara khusus untuk mendidik para peserta didik agar memiliki rasa cinta kepada ulama dan cinta alam.

Cara ini ditempuh dengan mengajak peserta didik untuk ziarah ke makam ulama dan kegiatan outbond di Pemandian Tirtosari View, Penanggal Candipuro (1/11).

Dengan menggunakan moda transportasi umu, rombongan berangkat dari MI Ma’arif NU Nurul Islam 01 Bades pada pukul 07.00 WIB.

Ziarah ke makam ulama ditujukan untuk kirim do’a dan meneladi ulama yang diziarahi tersebut. Yaitu Makam Romo KH. Abdul Majid Pendiri PP. Miftahul Huda Tumpeng dan makam Romo KH. Yasin Adnan Pendiri PP. Wahyu Hidayatul Islam Kloposawit, Candipuro.

Baca Juga:  LP Ma'arif NU Lumajang Buka Olimpade Aswaja Tingkat SMP dan SMA

Sedangkan Outbond ini ditujukan untuk mengelaborasi teori dalam pembelajaran ke dalam dunia nyata atau alam terbuka.

Dalam kegiatan ini para peserta didik kelas 4-6 yang berjumlah sekitar 90 siswa dan didampingi oleh 10 guru pendamping.

Kepala MI Ma’arif NU Nurul Islam 01 Bades, Ustadz Jaenuri, S.Pd.I berharap kegiatan ziarah tersebut mampu menumbuhkan rasa mahabbah (cinta) kepada ulama dan kegiatan outbound dapat menumbuhkan kerjasama, rasa mandiri, tanggung jawab, cinta alam, konsentrasi dan kreatifitas yang dibutuhkan anak saat mereka dewasa kelak.

Baca Juga:  Sekolah Diliburkan, UAMNU Resmi Ditunda

Berbagai permainan outbond juga dilaksanakan menambah keceriaan kegiatan yang memang sudah menjadi agenda sekolah setiap tahunnya.

“Permainan yang disuguhkan sangat kreatif dan menyenangkan sehingga efektif untuk memberi stimulus fisik dan jiwa serta mencerdaskan anak,” tambah Jaenuri.

Di antara permainan yang dilakukan antara lain Tubing Adventure dan Track Wahana Outbound.

Peserta didik terlihat sangat antusias dan gembira dalam kegiatan tersebut. Ditambah dengan lingkungan asri serta alam terbuka dengan sumber mata air dibawah kaki gunung semeru.

Kebersamaan semakin terasa saat kegiatan tersebut diakhiri dengan makan siang bersama.

Pewarta : Syaifuddin Rifai

Editor : Faid