RMI Divisi Putri Gelar Bedah Kitab Masalah Perempuan

oleh -dibaca 82 orang

NU-LUMAJANG.OR.ID – Lumajang –Pengurus Robitah Ma’ahid Islamiyah (PC RMI) NU Cabang Lumajang menggelar bedah kitab dengan judul “Uyunul Masa Il Linnisa” atau persoalan perempuan di Pendopo Arya Wira raja, Sabtu (02/11/19).

Hadir dalam acara itu, Bupati Lumajang H. Toriqul Haq. M.ML, jajaran pengurus RMI dan Pengrus RMI kiai dan RMI divisi bu Nyai. Tak lupa pula ratusan peserta dari berbagai pondok pesantren Se-Lumajang.

Menurut Koordinator RMI NU divisi Putri Nyai Hj. Hullatul Luthfiah, para perempuan sangat perlu mengetahui tentang persolan-persolan perempuan sendiri. Misal masalah haid, nifas, isti hadho, bersuci dan tolak.

Baca Juga:  PC RMI NU Devisi Putri Galang Koin Muktamar Perdana di Pesantren Darun Najah

“Hal-hal itu sangat penting bagi perempuan. Maka perempuan harus tahu secara detail akan permasalahan yang dihadapi sendiri. Terutama bagi perempuan yang belum pernah mengenyam pendidikan pesantren. Karena santri pun kadang juga belum paham akan persoalan dirinya,” tambahnya.

Agar memberikan pemahaman bagi bu Nyai ini, RMI divisi putri mengundang Kyai Azizi Hasbullah sebagai pemateri bedah kitabnya, karena kiai ini merupakan perumus bahtsul masa’ail Pengurus besar Nahdaltul Ulama (PBNU).

Baca Juga:  Kasat Korcab GP Ansor Lumajang Buka Bedah Kitab Uyunul Mas Il Linnisa

” Tentunya, Kia Azizi ini juga pengarang dari kitab Uyunul Masa Il Linnisa. Maka tepat sekali RMI megundang pengarangnya langsung,” timpalnya.

Dengan belajar Kitab ini, Panitia berharap para peserta bedah kitab, teruatama para bu Nyai bisa mengamalkan pada muridnya di pensanten. Sehingga para santri putri juga paham akan persoalan yang dihadpinya.

” Ya, kita harapakan para Bu Nyai dapat menularkan ilmunya pada santrinya. lebih-lebih pada warga sekitar pondok pesantren,” tutup pengasuh pondok pesantrean Darunnajah tersebut.

Pewarta : Arif

Editor : Faid