LKNU dan LPBI Lumajang Ikut Deklarasi Pendirian Faskes NU Jatim

oleh -dibaca 199 orang

NU-Lumajang.or.id , Situbondo -Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) dan Lembaga Penanggulangan Bencana dan Iklim (LPBI) Cabang Lumajang mengikuti acara deklarasi pendirian Fasilitas Kesehatan (Faskes) Nahdlatul Ulama Jawa Timur di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo, Selasa (29/10/19).

Hadir dalam cara deklarasi ini, Ketua LKNU Se-Jawa Timur, Persatuan Dokter NU (PDNU), Asosiasi Rumah Sakit NU (ARSINU), Pengurus Cabang NU se-Jawa Timur, dan elemen NU Lainnya.

Menurut Ketua LKNU Lumajang Wendra Wijaya, kegiatan deklarasi Faskes NU Jatim ini merupakan agenda dari Pengurus Wilayah (PW) NU Jawa Timur. Semua Elemen NU harus bersinergi dalam mendukung Faskes NU.

“Pengurus PCNU Lumajang baik Tanfdziyah dan Syuriah mendapatkan undangan dalam deklarasi tersebut. Bahkan sejumlah Lembaga dan Badan Otonom juga diminta hadir. Tapi yang bisa mewakili hanya LKNU dan LPBI NU Lumajang,” ujarnya.

Baca Juga:  Satgas NU Peduli Covid-19 Lumajang Salurkan Santunan Pada Pengurus Masjid

Acara yang berlangsung dua hari ini, akan memberikan dukungan pada kemandirian lembaga-lembaga kesehatan di bawah NU. Karena semua elemen NU akan bersinergi satu dengan lainnya.

“Jika layanan kesehatan NU ditingkat pertama tidak sanggup, pasien bisa dirujuk pada lembaga kesehatan NU diatasnya. Misal dari Klinik NU ke RSNU. Bahkan antara lembaga di NU sendiri juga bisa saling mendukung, contoh Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh (Lazisnu) dengan LKNU,” tambahnya.

Jika semua lembaga saling mendukung, Faskes NU akan menjadi mandiri. Sehingga faskes NU akan tumbuh besar. Warga NU maupun pengguna jasa lainnya akan semakin percaya dalam memanfaatkan Faskes NU.

Baca Juga:  LPBI NU Lumajang Beri Bantuan Alkes kepada LTN NU Lumajang

“Kami mengajak pada semua warga Nu Lumajang juga mendukung atas keberadaan Klinik Nu Lumajang. Sehingga Klinik NU Lumajang makin tumbuh. Akhirnya kemandian lembaga kesehatan ini akan tercapai,” kilahnya.

Sebelum Acara Deklarasi Faskes ini, Panitia juga menggelar workShop, FGD dan bakti sosial. Bahkan acara ini pun di akhiri dengan penandatangan deklarasi yang disaksikan ketua PWNU Jawa Timur, Kyai Marzuki Mustamar.

“Kami berharap apa yang telah menjadi komitmen lembaga kesehatan NU se-Jawa Timur bisa benar-benar berjalan dengan efektif. Sehingga pelayanan kesehatan bagai warga NU di Jawa Timur bisa maksimal,” pungkasnya.

Pewarta: Majid/Ahmad
Editor: Qosim