Ketua PCNU Lumajang Kukuhkan Sako Pramuka LP Ma’arif Lumajang

oleh -dibaca 150 orang

NU-Lumajang.or.idSumberejo, Kabar gembira bagi insan pramuka di lingkungan Nahdlatul Ulama Kabupaten Lumajang. Pasalnya, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Lumajang telah mengukuhkan pengurus Satuan Komunitas (sako) Pramuka Ma’arif Lumajang di Aula PCNU setempat, Rabu (23/10/19).

Hadir dalam pengukuhan ini, ratusan anggota sako Pramuka Ma’arif se-Kabupaten Lumajang. Mereka berasal dari lembaga-lembaga pendidikan di bawah naungan LP Ma’arif NU Lumajang.

Apalagi, pengukungan itu makin meriah, karena berbarengan dengan keberangkatan peserta kontingen Jelajah Santri tingkat Jawa Timur asal Lumajang ke Kota Batu Malang.

Menurut Ketua PCNU Lumajang Gus Mas’ud, dengan pengukuhan ini, Sako Pramuka Lumajang telah terbentuk. Maka dari itu, PCNU Lumajang meminta pada Sako Pramuka Lumajang terus menjaga eksistensinya di lembaga Pendidikan.

Baca Juga:  Luar Biasa! MA Putri Nurul Masyithah Adakan Lomba Cerdas Cermat Aqidatul Awam

“Memang peran pramuka sangat penting di sekolah. Pramuka bisa membentuk karakter anak didik dengan baik. Apalagi dalam pramuka ini juga ditanamakan akidah ahlussunnah waljamaah,” ungkapnya.

Dengan adanya Sako Pramuka Ma’arif ini, benteng anak didik di lingkungan Ma’arif NU Lumajang makin kuat. Karena para siswa tak lagi belajar dari para pembina dari luar warga NU. Inilah nilai strategisnya. Selain menjadi pembina pramuka, pengurus dan anggota Sako Ma’arif juga menjaga akidah.

“Kami minta juga para anggota Sako Ma’arif menjadi penjaga aqidah Ahlussunnah Waljamaah. Karena ini sebagai benteng dalam menegakkan ajaran Islam Rahmatal Lil alamin,” lanjutnya.

Sementara itu, Ketua LP Ma’arif Lumajang Moch. Yamin mengucapkan selamat pada pengurus yang dikukuhkan ketua PCNU Lumajang. Ini menandakan amanah yang harus dilakukan para pengurus Sako Pramuka Maarif. Mereka harus eksis di lembaga pendidikan di bawah naungan LP Ma’arif.

Baca Juga:  Tumbangkan 150 Peserta, Sako Ma'arif NU Lumajang Sabet Lima Juara

“Maka tidak ada alasan bagi sekolah tidak menggelar kegiatan pramuka. Karena Sako Ma’arif Lumajang telah dikukuhkan. Mereka ini yang akan membinanya,” tuturnya.

Apalagi, Ke-pramukaan ini bukan lagi menjadi mata pelajaran ekstra kurikuler. Pramuka telah menjadi bagian dari kurikulum. Sehingga semua sekolah harus menggelar kegiatan Parmuka.

“Kami minta pada para pengurus Sako Pramuka terus memberikan pembinaan pada sekolah-sekolah di lingkungan Ma’arif. Sehingga sekolah di bawah Ma’arif menggelar kegiatan pramuka,” pungkasnya.

Pewarta: Ahmad
Editor: Redaksi