LPBI NU Lumajang Apresiasi Apel Jambore OSTB V di Pantai Wotgalih

oleh -dibaca 150 orang

Yosowilangun – Jum’at pagi (18/10/2019) pukul 09.00 seluruh peserta Jambore OSTB/Organisasi Siswa Tanggap Bencana V tahun 2019 di Pantai Mbah Drajid – Desa Wotgalih – Kec. Yosowilangun melakukan Upacara Apel Ceremonial yang dibuka oleh Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq M.mL.

Wakil Ketua PC LPBI NU Lumajang Siti Sulhunaini yang hadir mendampingi Bupati Lumajang menyampaikan bahwa OSTB merupakan satu-satunya event yang melatih keterampilan siswa untuk tanggap bencana.

” Ini adalah event penting dalam melatih keterampilan siswa tingkatan menengah atas untuk siap sedia menghadapi bencana,” ujar Siti.

Baca Juga:  PC RMI NU Lumajang Sosialisasi Hasil Raker ke Madin dan Ponpes

” Keterampilan menghadapi bencana bukan hanya pada tataran peningkatan kemampuan fisik semata, tapi juga kemampuan psikologis,” tambahnya

Sebab menghadapi becana tidak hanya pada saat terjadi, tetapi mengenali tanda – tanda bencana dan paska terjadinya juga sangat penting.

Ketua PC LPBI NU, Ridwan Abdul Majid

Peserta OSTB V ini di ikuti oleh 700 orang perwakilan delegasi Sekolah tingkat SMA/MA/SMK se-Kab. Lumajang yang di selenggarakan oleh BPBD Kab. Lumajang.

Dan ini merupakan satu-satunya event yang ada di jatim yang dirangkai dengan berbagai lomba seperti cerdas cermat dan beberapa ketangkasan kesiapsiagaan bencana.

Baca Juga:  Wujudkan Ketahanan Pangan, LPBI-NU Lumajang Jelaskan Cara Budidaya Tanaman Pisang

Bertindak sebagai pemimpin Apel adalah Pelda. Inf Guntur yang juga Babinsa Desa Wotgalih.

Pejabat BPBD Prov. Jatim, jajaran Forkopimda Lumajang, Komunitas PRB Kab. Lumajang juga turut hadir dalam acara apel.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Kesiapsiagaan dan Logistik, Muhamad Wawan Hadi Siswoyo menyerahkan Piala Juara Tingkat Pratama Provinsi Jatim Desa Tangguh Bencana yang diraih oleh Dusun Dampar Desa Bades Kec. Pasirian.


Pewarta: Abd. Majid
Editor: Redaksi