UP Lazisnu Yosowilangun Kirim Bantuan Air Bersih

oleh -dibaca 98 orang

Gucialit – Krisis Air bersih di sejumlah titik di Kabupaten Lumajang terus mendapatkan perhatian dari beberapa kalangan. Di Nahdlatul Ulama (NU) saja, tak hanya level cabang, tapi tingkat Majelis Wakil Cabang (MWC) NU pun juga menaruh simpati.

Seperti yang dilakoni UP Lembaga Amil Zakan Infaq dan Shodaqoh (LAZISNU) Kecamatan Yosowilangun ini. Lembaga ditingkat kecamatan mengirim bantuan air bersih ke desa Gucilait Kecamatan Gucialit Kabupaten Lumajang, Kamis (17/10/19).

Menurut Sekretris Lembaga Penaggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) NU Lumajang, Rizki Rama Duta, kegiatan Up Lazisnu Kecamatan Yosowilangun ini bekerjasama antara LPBI NU Lumajang dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang.

” Sebenarnya, bantuan air bersih dari LPBI dan Lazisnu Cabang Lumajang yang bekerja sama dengan BPBD Kabupaten Lumajang telah kesekian kalinya di beberapa titik krisis air bersih. Untuk ini, memang semangat dari UP Lazisnu tingkat Kecamatan Yosowilangun yang disalurkan melalui LPBI NU Lumajang,” ungkap laki-laki yang memiliki tubuh agak tambun ini.

Baca Juga:  Aklamasi, Minal Faizin Pimpin PAC GP Ansor Randuagung

Bantuan air bersih ini hasil dari swadaya masyarakat yang dihimpun UP Lazisnu Kecamatan Yosowilangun. Satu tangki air yang berisi 5500 liter langsung dikirim ke Dusun Sidomakmur Desa Guciliat. Penentuan lokasi ini hasil penilian LPBI NU dan BPBD Lumajang mengenai titik paling kritis air bersih.

” Alhamdulillah, Warga masyarakat penerima air bersih mengucapkan banyak terima kasih pada UP Lazisnu Yosowilangun, LPBI dan BPBD Kabupaten Lumajang. Karena kiriman air berish ini telah mengurangi beban kebutuhan air di desanya,” lanjutnya.

LPBI NU Lumajang mengajak pada semua warga NU Lumajang menyisihkan uang shodaqoh bagi saudara-saudara seiman dan sebangsa yang terkena musibah krisis air bersih dari 18 desa di kabupaten Lumajang. Sehingga derita warga yang mendapatkan musibah ini sedikit bisa terkurangi dengan bantuan-bantuan tersebut.

Baca Juga:  Peringati Haul Kyai Hasyim Ke-74, PCNU Lumajang Gelar Baca Yasin dan Tahlil

” Nantinya tak hanya UP Lazisnu Kecamatan Yosowilangun saja, Tapi bisa UP Lazisnu di Kecamatan lain juga ikut terlibat dalam mengurangi penderitaan sesama umat islam dan warga NU terutamanya. Karena yang banyak terkena musibah warga NU sendiri,” terangnya.

Sementara itu, Sekretaris NU-Care Lazisnu Lumajang Ira, bagi Warga NU Lumajang atau masyarakat yang ingin memberikan bantuan untuk krisis air bersih, bisa mengirim shodaqohnya melalui NU-Care Lazisnu Lumajang, nomer rekening BRI Infaq/shodaqoh 004401073837503 atau bisa dengan Bank Jatim Infaq/ Shodaqoh 0093016386.

” Kalau masih kesulitan mengirim melalui Rekening, NU-Care Lazisnu Lumajang siap menjemput uang shodaqoh ke rumah masing-masing. Baik dalam jumlah besar atau kecil,” pungkas perempuan berkacamata ini sambil tersenyum.


Pewarta: M. Riski Rama Duta
Editor: Redaksi