Lembaga Falak NU Gelar Pelatihan Menghitung Awal Shalat dengan Exel

oleh -dibaca 268 orang
Lembaga Falak NU Gelar Pelatihan Menghitung Awal Shalat dengan Exel
Peserta Pelatihan dan Pemateri Foto Bareng Usai pelatihan Ilmu Falak Cara mengitung awal sholat dengan Exel

NU-LUMAJANG.OR.ID, Lumajang – Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama Kabupaten Lumajang latih puluhan Kader NU lintas generasi dalam menghitung awal waktu shalat dengan menggunakan Microsoft Exel, di Aula MWC NU Tempeh, Desa Tempeh Tengah, Kecamatan Tempeh, Lumajang, Ahad (13/10/2019).

Penghitungan waktu Ibadah, atau ilmu falakiyah ini digelar untuk memberikan pengetahuan dasar tentang tata cara penghitungan waktu ibadah, utamanya ibadah wajib, seperti waktu sholat, waktu puasa, hingga penentuan arah kiblat.

Baca Juga:  LFNU Lumajang Ikuti Kaderisasi Ulama Hisab Rukyat

Agar setiap peribadatan yang dilakukan ummat muslim di Lumajang bisa benar-benar tepat waktu. “Ini upaya kita melahirkan kader-kader Falak mas, sebab penghitungan waktu ibadah itu sering kali berbeda dari tempat satu dengan tempat lain,” terang Sekretaris LF NU Lumajang, Fathur Rahman.

Lebih lanjut, Fathur Rahman menjelaskan jika pelatihan sehari ini disesuaikan dengan perkembangan zaman, salah satunya penggunaan komputer melalui Ms.Excel dalam latihan penghitungan waktu ini.

Baca Juga:  Selamat, Upzis MWC NU Tempeh Beroperasi

“Yang jelas, pesertanya kita latih sampai bisa mas, karena langsung kita praktek,” tambahnya.

Tidak hanya kalangan Pengurus MWC NU tingkat kecamatan, penyuluh agama, pengurus pesantren hingga pelajar tingkat atas juga ikut dalam pelatihan ini.

Harapannya pasca pelatihan ilmu falakiyah ini, kader NU khususnya dan Ummat Islam di seluruh penjuru Kabupaten Lumajang bisa menghitung sendiri waktu ibadah, agar ibadah yang mereka lakukan bisa benar-benar afdal.


Pewarta: Rokhmad
Editor: Redaksi