Lailatul Ijtima’, Ribuan Warga Nahdliyin Penuhi Masjid Agung Lumajang

oleh -dibaca 393 orang

NU-LUMAJANG.OR.ID, Lumajang – Ribuan warga Nahdliyin kabupaten Lumajang memadati Masjid Agung Anas Mahfudz untuk mengikuti Lailatul Ijtima’ yang di hadiri oleh Kyai Miftahul Akhyar, Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, pada Senin, (7/10) malam.

Lailatul ijtima’ ini juga sebagai awal kegiatan dalam rangkaian Hari Santri Nasional 2019.

Takmir Masjid Agung Anas Mahfudz, Kyai Abdul Kafi mengucapkan terima kasih kepada PCNU Lumajang yang telah memilih masjid Agung sebagai sebagai tempat dimulainya Lailatul Ijtima.

Kyai Abdul Kafi juga sangat berterima kasih kepada ribuan warga NU kabupaten Lumajang yang telah hadir memenuhi masjid Agung Lumajang.

Sementara, Ketua PCNU Lumajang Gus Mas’ud, menjelaskam bahwa Lailatul Ijtima bukanlah sebuah hal yang baru di kabupaten Lumajang.

Baca Juga:  Ketua PCNU: Arya Wiraraja, Raja Islam Pertama Di Tanah Jawa

“Lailatul Ijtima sudah dilaksanakan pada zaman dahulu, oleh para muassis NU, kyai Anas Mahfudz,” jelas Gus Mas’ud.

Namun, lanjut Gus Ud, dikemudian hari lailatul ijtima ini ditinggalkan oleh para warga dan pengurus NU.

Pada malam ini, Gus Ud sampaikan untuk memulai menghidupkan lailatul Ijtima’ dan akan diistiqomahkan setiap malam Selasa manis, tiap bulan.

“Hari Selasa (Senin malam – red) kami pilih sebagai Lailatul Ijtima’  bukan tanpa sebab. Pesantren Salaf Syafiiyah biasanya libur Hari Selasa. Itu dikarenakan Imam Syafi’i wafat pada hari Selasa. Ini yang tidak diketahui oleh kaum millilenial saat ini,” imbuh Gus Ud.

Baca Juga:  Lazisnu Gelar Bimtek Upzis NU Care Lazisnu Kecamatan Kedungjajang

Kyai Maimun Zubair, yang masih ingat dalam benak kita, lanjut Gus Ud, wafat pada Hari Selasa.

“Jadi kami memilih malam Selasa itu bukan tanpa sebab,” tegas Gus Masud mengulangi.

Gus Masud juga mengajak semua Warga NU, hingga tingkat ranting untuk hadir tiap bulan, di malam Lailatul Ijtima’, setiap malam Selasa Manis, di Masjid Agung Anas Mahfudz.

Sebelum Kyai Miftahul Akhyar memberikan ceramahnya, Cak Thoriq, Juga memberikan Sambutannya. Cak Thoriq juga akan menyempatkan diri tiap bulan untuk Hadir di malam Lailatul Ijtima.


Pewarta: Fwd

Editor: Redaksi