Tanamkan ASWAJA An-Nahdliyyah, MA Putri Nurul Masyitoh Tradisikan Baca Nadlom Aqidatul Awam

oleh -dibaca 251 orang
Tanamkan Tauhid ASWAJA An-Nahdliyyah, MA Putri Nurul Masyitoh Tradisikan Baca Nadlom Aqidatul Awam

NU-LUMAJANG.OR.ID,  Lumajang – Banyaknya paham agama diluar Ahlussunnah Wal jamaah, menjadi perhatian serius Madrasah Aliyah (MA) Putri Nurul Masyitoh Lumajang. Guna membentengi ajaran dari luar NU ini, Lembaga dibawah naungan Lembaga Pendidikan Ma’rif NU Lumajang ini mentradisikan membaca Nadlom Aqidatul Awam di sekolah setempat, setiap hari Sabtu pagi.

Menurut Kepala sekolah MA Putri Nurul Masyitoh,  Masyhuri Ayatulloh, S.Ag, M.Pd, langkah pembiasaan ini, guna menanamkan ajaran tauhid Aswajah Annahdiyah. Karena ajaran tauhid merupakan pondasi dalam keberagamaan.

“MA putri menanamkan ilmu Tauhid pada siswa sejak kelas 10. Namun, agar siswa lebih mudah paham dan hafal terhadap ajaran tauhid ini, MA putri lebih menggunakan model Nadlom,” terangnya, saat ditemui di kantornya, Senin (23/19).

Baca Juga:  Inilah 6 Nama Pemenang Olimpiade Aswaja Tingkat MI

Bahkan dalam pembacaan Nadzom secara serentak semua siswa ini, harus menggunakan pengeras suara. Hal ini dikarenakan, siswa biar terkonsentrasi dalam menghayati hafalan dan makna dari Nadlom Aqidatul Awam tersebut.

” Tentu, pembacaan nadzom serentak ini mendapatkan dampingan dari para guru, sehingga para siswa bisa khusuk menghayatinya,” kilahnya.

Baru setelah siswa membacakan Nazdom, para guru mengajarkan satu persatu dari makna nadzom tersebut. Agar para siswa lebih paham lagi tentang arti tiap kata dan bait nadzom.

Baca Juga:  MA Putri Nurul Masyithah Bagikan Ratusan Masker di Daerah Terdampak Corona

“Hal ini sengaja kami lakukan mengingat pentingnya menanamkan dan menelurkan kembali kepada para siswi tentang konsep Aqidah 50 yang menjadi ciri khas konsep tauhid Ahlussunnah wal Jama’ah An-Nahdliyyah,” tambahnya.

Apalagi, didalam nadzom Aqidatul Awam ini, juga berisi tentang sirah Nabawiyyah, perjalanan dakwah, dan mengenalkan juga keluarga-keluarga Rasulullah SAW. Dengan mengenalkan sejak dini, pemahaman Aqidah Aswaja An-Nahdliyyah tertanam dihati para siswa.

“Harapnanya, akidah annahdiyah ini tetap tetanam dalam hati para siswa.Tak hanya didunia, tapi sampai akhir hayatnya,” pungkasnya.


Pewarta: Sufyan Arif
Editor: Tim LTN NU Lumajang