Ingin Cetak Ahli Falak, LFNU Lumajang Kembali Gelar Diklat

oleh -dibaca 147 orang

Randuagung – Upaya mencetak ahli ilmu Falak di tingkat Majelis Wakil Cabang (MWC) terus digenjot Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Lumajang. Kali ini, lembaga yang ahli dalam menghitung awal bulan ini, kembali menggelar diklat ilmu Falak di MWC Randuagung, Minggu (14/19/19).

Menurut Ketua LFNU Lumajang Hidayatullah, acara ini diikuti sebanyak 25 peserta pelatihan. Mereka berasal dari MWC dan pondok pesantren se-Lumajang. Mereka akan dididik mengenai ilmu Falak. Mulai dengan penentuan awal sholat, penentuan awal bulan dan pengukuran arah kiblat.

“Tujuannya, ingin memberikan pengetahuan ilmu falak pada pengurus maupun anggota MWC NU se-Lumajang. Karena penghitungan Iilmu Falak ini sangat penting di masyarakat,” ungkapnya, saat ditemui usai membuka pelatihan tersebut.

Baca Juga:  PC GP Ansor Lumajang Ikut Aksi Akbar Dukung Polres Tuntaskan Kasus Money Game

Hadir dalam acara pelatihan ini, pengurus Tanfidziyah MWC NU Randuagung Haji Lutfi, sejumlah pengurus ranting dan pengurus LFNU Lumajang. Mereka mendukung pelatihan para kader Ilmu Falak tersebut.

“Nantinya, para peserta pelatihan ini akan menjadi ujung tombak dalam memberikan pertimbangan perhitungan Falakiyah di tingkat kecamatan,” tambahnya.

Pelatihan kali ini, merupakan yang kesekian kalinya. Fokus dalam pelatihan ini, LFNU mengajarkan tentang penghitungan awal sholat.

“Rencananya, pelatihan ini akan dilaksanakan selama sehari. Mereka akan digembleng secara ketat dalam memberikan pemahaman Ilmu Falak. Sehingga mereka bisa ahli dalam bidang ilmu tersebut,” lanjutnya.

LFNU Lumajang akan terus memberikan pendampingan pada peserta dalam mengenai persoalan-persoalan ilmu Falakiyah. LFNU akan membiarkan para peserta ini melakukan penghitungan falakiyah mandiri, setelah mereka dikategorikan mumpuni.

Baca Juga:  Bentengi Dari Paham Wahabi, LTM NU Gencar Melakukan Pendataan Masjid NU

“Harapannya, mereka menjadi pakar-pakar ahli Ilmu falak di tingkat kecamatan. Sehingga MWC tak lagi ketergantungan dengan Ahli ilmu Falak dari tempat lain,” harapnya.

Ternyata diklat Ilmu Falak ini mendapatkan sambutan baik dari peserta. Pasalnya, Ilmu falak yang diperkirakan sulit ini sangat mudah sekali. Bahkan banyak peserta bisa melakukan penghitungan awal sholat.

“LFNU menggunakan metode pelatihan penghitungan awal sholat dan awal tahun secara tradisional dan modern. Sehingga mereka bisa dengan mudah belajar ilmu Falak tersebut,” pungkasnya.