Masjid KH. Anas Mahfud Santuni Ratusan Anak Yatim dan Kaum Duafa’

oleh -Dibaca oleh 14 Warga NU
Masjid KH Anas Mahfud Santuni Ratusan Anak Yatim dan Kaum Duafa
Berobat ke Klinik NU Lumajang

Lumajang – Bulan Muharram sangat dimuliakan Allah SWT. Lebih-lebih pada tanggal 9 dan 10 dimana disunnahkan berpuasa. Oleh karena itu, banyak umat islam mengisi hari-hari itu dengan banyak melakukan santunan anak yatim. Tak terkecuali Ta’mir Masjid Jami’ KH Anas Mahfud Lumajang. Mereka menyantuni ratusan anak yatim dan puluhan kaum duafa’ di Masjid setempat, Senin, (09/09/19).

Menurut Ketua Ta’mir Masjid KH Anas Mahfudz,  KH. Abdul Kafi, kegiatan santunan ini rutin dilakukan setiap tanggal 10 Muharrom. Untuk tahun ini, banyak rangkaian acaranya. Awalnya, Ta’mir masjid menyelenggarakan pembacaan Dzikir dan doa Asyuro sesudah sholat magraib. Baru, setelah sholat Isya’ berjamaah pemberian santunan anak yatim dan kaum dua’fa.

Baca Juga:  Sako Pramuka Ma'arif NU Lumajang Siap Mengikuti PERGAMANAS di Cibubur

“Ada 111 anak yatim piatu dan 80 kaum duafa’ mendapatkan santunan. Mereka berasal dari sekitar lingkungan Masjid Jami’ KH. Anas Mahfudz ” ungkapnya.

Advertisements
Lazisnu Lumajang

Lanjut Kyai Abdul Kafi, dana santunan ini berasal dari sumbangan para jemaah Masjid KH Anas Mahfud. Karena sejak sepuluh hari terakhir, Ta’mir masjid menyiapkan kotak amal untuk santunan anak yatim.

“Alhamdullah, meski tak membutuhkan waktu lama, ada sebesar 34 juta rupiah uang terkumpul. Semua diserahkan pada anak yatim dan kaum duafa’,” terangnya.

Masjid KH Anas Mahfud Santuni Ratusan Anak Yatim dan Kaum Duafa

Ta’mir masjid mengucapkan banyak terima kasih pada para jamaah masjid dan masyarakat. Karena mereka rela menyisihkan rizkinya bagi anak yatim dan orang tak mampu.

Baca Juga:  PCNU Lumajang Gelar Buka Bersama Bupati

“Semoga para penyantun ini mendapatkan pahala dan bahagia di dunia dan akhirat. Dan amalnya menjadi jariah yang dilipatgandakan oleh Allah SWT karena telah membahagiakan anak yatim dan para duafa’,” tambahnya.

Sementara itu, koordinator urusan pemberdayaan dan peran wanita masjid agung KH. Anas Machfudz Lumajang, Ibu Hj. Choridah Pasriningrum menyampaikan kegiatan ini merupakan program rutin bidang pemberdayaan dan urusan wanita. Karena bidang ini juga mengkoordinir jama’ah ibu-ibu mengelola santunan anak yatim. Termasuk kegiatan TPQ masjid Agung dan jama’ah rowatib.

“Harapannya, santunan ini dapat menambah semangat dan membantu sosial ekonomi ibu-ibu yang berstatus single parent untuk tetap memakmurkan kegiatan di masjid Agung Lumajang,” pungkasnya.