Kembangkan Peternakan, LP2NU Lumajang Fokus Pengemukan Sapi

oleh -Dibaca oleh 41 Warga NU
Berobat ke Klinik NU Lumajang

Rowokangkung – Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama (LP2NU) Lumajang terus mencari torobosan dalam meningkatkan perekonomian umat. Kali ini, Lembaga ini memilih fokus penggemukan ternak sapi dengan model pakan di fermentasi.

“Alhamdulillah, uji coba penggemukan sapi dengan cara membuat pakan dari fermentasi ini, berhasil. Sapi tumbuh dengan pesat. Bahkan dalam tiga bulan sudah bisa di panen,” ungkap Wakil Ketua LP2NU Ashari, saat ditemui di kantornya, Senin (09/09/19).

LP2NU telah melakukan uji coba sebanyak dua kali. Ada belasan ekor sapi dicoba diberi pakan olahan dari LP2NU sendiri.

Advertisements
Lazisnu Lumajang
Baca Juga:  Pondok Pesantren Bustanul Ulum Santuni Belasan Anak Yatim

“Jika telah tiga kali tetap hasilnya sama, LP2NU akan mengembangkan dan memfokuskan dalam pengemukan sapi dengan model pakan fermentasi tersebut,” lanjutnya.

Karena penggemukan sapi dengan pakan fermentasi ini, lebih efektif dan ekonomis. Bahkan peternak tak usah lagi kebingungan mencari rumput di sawah atau di ladang-ladang. Mereka cukup menyediakan pakan framentasi tersebut.

“Beternak sapi model ini membantah adigium memelihara sapi sangat sulit. Karena pemiliknya harus mencari rumput. Model ini, ternak sapi bisa dilakukan oleh pegawai, dosen dan orang sibuk lainnya,” terangnya.

Baca Juga:  Peringati Harlah ke-69, PC Fatayat NU Gelar Khotmil Quran Hingga Pengajian Umum

Apalagi, selain mudah, biaya pakan fermentasi ini cukup murah. Bahkan jika pemilik sapi membuat pakan fermentasi sendiri akan lebih ekonomis lagi. Sehingga keuntungan akan lebih banyak.

“LP2NU Lumajang mengajak kepada semua warga NU bisa mengembangkan peternakan model fermentasi ini. LP2NU Lumajang siap membina para peternak dari NU,” pungkasnya.