Peduli Lingkungan, PCNU Lumajang Manfaatkan Daun Jati Sebagai Bungkus Daging Kurban

oleh -dibaca 72 orang
Peduli Lingkungan, PCNU Lumajang Manfaatkan Daun Jati Sebagai Bungkus Daging Kurban

Lumajang – Kepedulian Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Lumajang dalam mengurangi sampah plastik tak diragukan lagi.

Kali ini, PCNU Lumajang lebih memilih memanfaatkan daun jati sebagai bungkus daging kurban. Dibandingkan menggunakan bungkus plastik.

“Ini komitmen PCNU Lumajang dalam menjaga lingkungan dari sampah plastik. Karena limbah plastik ini makin mengawatirkan,” ungkap ketua PCNU Lumajang, Gus Mas’ud, disela-sela sambil membagikan daging kurban di kantor PCNU Lumajang, Minggu (11/08/19).

Baca Juga:  RMI Dipercaya Penyalur BOSDA Madin

Apalagi pemerintah Lumajang telah menginstruksikan pada masjid, musholla maupun lembaga lainnya yang akan memotong hewan kurban. Mereka dilarang menggunakan pembungkus plastik.

“PCNU Lumajang mengamini kebijakan Bupati Lumajang, Cak Toriq. Karena ini bentuk kepedulian pemerintah pada lingkungan. Terutama bagi limbah plastik,” lanjutnya.

Makanya, PCNU Lumajang membagikan daging kurban dengan cara dibungkus daun jati dan tas dari kertas. Ada sekitar 400 bungkus daging kurban dibagikan pada warga sekitar kantor PCNU.

Baca Juga:  MWC NU Senduro Gelar Pelatihan Sablon Bendera NU

“Untuk idul Adha tahun ini, PCNU menyembelih satu ekor sapi dan empat ekor kambing,” tambahnya.

PCNU Lumajang berharap pengurangan berbahan plastik ini tak hanya berhenti disini aja. Tapi ini akan menjadi kebijakan PCNU dalam kegiatan-kegiatan lainnya.

“Nantinya, semua kegiatan PCNU mulai mengurangi hal yang mengahasilkan limbah plastik,” tutupnya. (mad/sim)