,

Ansor Randuagung Respon Pembagian Daging Kurban Tanpa Kantong Plastik

oleh -dibaca 107 orang

Peringati Hari Raya Idul Adha, PAC Ansor Kecamatan Randuagung Lumajang membagikan daging kurban tanpa kantong plastik pada Minggu, 11 Agustus 2019.

Gerakan tanpa bungkus kantong plastik sebagaimana himbauan Pemda Lumajang Nomor: 660/1387/427.49/2019 direspon cepat oleh PAC ansor Randuagung dengan membagikan daging kurban menggunakan daun pisang.

Penyembelihan hewan kurban dilaksanakan di Ranting Ansor Desa Tunjung Randuagung, pada jam 08.00 wib. dan dibagikan pada masyarakat pada jam 11.30 wib.

Menurut Ketua Ranting Ansor Desa Tunjung, Sakur, menuturkan bahwa 2 ekor kambing yang dikurbankan merupakan hasil swadaya masyarakat dan pengurus Ansor.

Baca Juga:  Kunjungi Polsek, Banser Randuagung Berikan Dukungan pada Polri

“Daging hasil pemotongan 2 ekor kambing dibagi menjadi 80 bungkus yang kesemuanya berbungkus daun pisang untuk diterimakan pada masyarakat kurang mampu yang telah kami beri kupon sebelumnya” ujar sakur.

“Dan Insyaallah daging hewan kurban yang dibagikan dalam kondisi baik dan layak konsumsi karena sudah melalui pemeriksaan dari dinas peternakan” imbuhnya.

Ketua PAC Ansor Randuagung, Minal Faizin berharap gerakan tanpa kantong plastik bukan hanya pada batas Idul Adha saja, tapi terus berkelanjutan pada kegiatan serupa lainnya.

Baca Juga:  IPNU IPPNU Lumajang Melepas Kadernya Untuk Ikuti Diklatama

“Ini adalah momentum bagi kita untuk membiasakan diri dalam mengurangi penggunaan kantong plastik dan berganti pada bungkus organik dalam upaya mengurangi sampah plastik yang saat ini sudah memperihatinkan” ujar Faizin.

“Dan yang paling penting adalah esensi dari Idul Adha, yaitu menumbuhkan semangat sosial untuk saling memberi pada sesama” imbuhnya.