LFNU Akan Gelar Pelatihan Kalibrasi Kiblat Bagi Penyuluh Agama

oleh -dibaca 95 orang
LFNU Akan Gelar Pelatihan Kalibrasi Kiblat Bagi Penyuluh Agama

Lumajang – Untuk sekian kalinya, Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Lumajang menggelar pelatihan kalibrasi Arah Kiblat segmen penyuluh agama di Desa Pundungsari Kecamatan Tempursari Lumajang, Selasa besok (23/07/19).

Menurut ketua Lembaga LFNU, Kyai Hidayatullah, kegiatan inilah merupakan realisasi program LFNU dalam memberikan pengarahan tentang arah kiblat di Lumajang.

“Selain melakukan pengukuran ulang arah kiblat, LFNU juga memberikan pelatihan-pelatihan. Salah satunya, pelatihan kalibrasi segmen penyuluh agama ini,” ungkapnya.

Baca Juga:  PC LFNU Gandeng Kemenag dan Baznas Gelar Safari Falak di Senduro

Pelatihan yang akan dilaksanakan selama sehari ini, diikuti para penyuluh dari kecamatan Tempeh, Pasirian, Candipuro, Pronojiwo dan Tempursari sendiri.

“Selain pula juga, menyertakan peserta dari Majelis Wakil Cabang (MWC) kecamatan-kecamatan tersebut,” tegasnya.

LFNU akan mendatang pelatih dari internal saja. Karena dari pengurus LFNU sendiri banyak yang profesional dalam kalibrasi arah kiblat tersebut.

“Peserta akan diajarkan cara menghitung arah kiblat dengan Excel. Sehingga perhitungannya akan lebih akurat,” bebernya.

Baca Juga:  Tingkatkan SDM, LP2NU Lumajang Ikut Pelatihan Forum Ngaji Tani

Dengan pengetahuan ini, penyuluh agama Islam bisa memberikan bimbingan langsung pada mushola maupun masjid. Karena masih ada saja masjid dan musholla tak sesuai dengan arah kiblat.

“Penyuluh, orang yang bersinggungan langsung dengan masyarakat. Dengan bekal keilmuan ini, penyuluh akan lebih mudah memberitahukan tentang arah kiblat yang benar,” pungkasnya.