Teguhkan Khidmat fil Ma’had : Pondok Pesantren Bustanul Ulum Krai adakan Reuni dan Halal Bi Halal

oleh -Dibaca oleh 67 Warga NU
Halal Bi Halal PonPes Bustanul Ulum Krai

Krai – Masih dalam nuansa kehangatan Idul Fitri. Rasanya kurang kaffah (sempurna) jika tidak mengikut sertakan Halal Bi Halal di dalamnya.

Tradisi yang sudah mengakar di Nusantara ini kerap sekali dijadikan ajang silaturahmi akbar oleh umat muslim pada umumnya, terlebih mereka yang notabenya adalah alumni Pondok Pesantren.

Tidak ingin melewatkan momen penuh berkah itu, salah satu Pondok Pesantren ternama di Lumajang PP Bustanul Ulum Krai – Yosowilangun gelar Reuni dan Halal Bi Halal, Ahad (09/06/2019).

Bertempat di Masjid Pondok Pesantren Bustanul Ulum Krai, acara ini dihadiri oleh Masyayikh dan Jama’ah alumni dari berbagai daerah.

Dalam mau’idlonya, KH Dimas Abdul Adzim Affan salah satu pengasuh mengingatkan kembali tentang amanah – amanah menjadi alumni, salah satunya adalah harus Khidmat fil Ma’had (Berbakti kepada pondok) dan Khidmat fil Ummah (Berbakti kepada ummat).

“Salah satu contoh Khidmat fil Ma’had ya dengan istiqomah menghadiri Reuni dan Sowan kepada Kyai,” tegasnya.

Lebih lanjut, Lora Adzim sapaan akrab KH Dimas Abdul Adzim Affan berpesan agar alumni senantiasa menjaga Akhlaq-nya di Masyarakat, karena ilmu akan mengikuti akhlaq, dan akhlaq sering sekali dijadikan barometer oleh masyarakat.

Muhammad Nabil, salah satu alumni beranggapan bahwa ikhwal seperti ini harus terus berlanjut, karena disamping memperkokoh ukhuwah juga sebagai media bermuhasabah bahwa menjadi alumni tidak kemudian putus sanad kesantriannya melainkan harus semakin kokoh.

“Kegiatan seperti ini harus di istiqomahkan, karena saya beranggapan bahwa do’a para guru tidak akan pernah putus dan akan terus lurus hingga nafas terakhir berhembus,” ucapnya dengan semangat.

 

Di penghujung acara, seperti lazimnya para alumni sowan kepada para pengasung sekaligus temu kangen dengan alumni yang lain bernostalgia, mengingat-ngingat sekaligus menertawai masa – masanya dulu ketika nyantri di Pesantren.

Dirasa acara seperti ini sangatlah penting, para alumni kemudian bermusyawarah dan bermufakat bahwa Reuni dan Halal Bi Halal akan ditetapkan menjadi agenda tahunan disetiap tanggal 5 Syawwal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *