Lebaran di Negeri Tirai Bambu

oleh -Dibaca oleh 95 Warga NU

Huangshi– Rabu (5/6) semua muslim di Tiongkok serentak melaksanakan sholat Idul Fitri di masjid-masjid setiap kota.

Tidak ubahnya di Indonesia, kemeriahan peribadatan umat muslim yang merayakan hari kemenangannya setelah melaksanakan ibadah puasa di bulan ramadhan juga dimeriahkan oleh pelajar Indonesia dan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang ada di Tiongkok dengan memadati masjid untuk melaksanakan shalat Idul Fitri.

Tidak terkecuali di kota Huangshi, provinsi Hubei. Sejak pagi, masjid kota Huangshi sudah dipenuhi muslim yang ingin menunaikan sholat ied berjamaah.
Dari pukul 08.00 waktu Tiongkok yang lebih cepat satu jam dari Waktu Indonesia Barat (WIB), muslim lokal sudah memenuhi area masjid.

Tepat pukul 09.00 rombongan pelajar luar negeri yang sedang menuntut ilmu di Negeri Tirai Bambu juga mulai berdatangan.

“Kami mahasiswa dan mahasiswi di Tiongkok memang datang lebih akhir karena masih ada kewajiban hadir di kelas yang harus dilaksanakan” ujar Laila Fakhriyatuz Zakiya, mahasiswi kedokteran Hubei Polytechnic University asal Lumajang.
Sholat id dimulai pukul 09.30. areal depan masjid yang biasanya hanya dipakai untuk parkir kendaraan dimanfaatkan sebagai tempat sholat karena membludaknya jama’ah yang datang.

Setalah khutbah ied selesai, semua jama’ah diberikan cemilan berupa roti khas Tiongkok dan juga biskuit khas kota Huangshi yang biasa disebut “gangbing” lengkap dengan sebotol air mineral dan satu kotak juz apel.

Yang sedikit berbeda adalah, sebelum sholat dimulai, semua muslim terlebih dahulu melaksanakan upacara pengibaran bendera Tiongkok yang dilaksanakan di halaman depan masjid.
Sholat ied tidak hanya dimeriahkan oleh mahasiswa Indonesia yang menuntut ilmu di Hubei Polytechnic University, tapi juga dari berbagai negara seperti Pakistan, Komoro, India dan negara bagian Afrika lainnya yang juga sedang menuntut ilmu di Hubei Normal University. (lfz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *