PC LFNU Gandeng Kemenag dan Baznas Gelar Safari Falak di Senduro

oleh -dibaca 127 orang

Senduro, Pengurus Cabang Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama’ (PC LFNU) Kabupaten Lumajang menggelar Safari Falak dan buka bersama di Madrasah Diniyah Miftahul Ulum Desa Pandansari Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang pada hari Kamis (30/05/2019) jam 13.00 WIB.

Selain Ketua PC LFNU, Kabid Penyelenggara Syariah (Syamsul Hadi), Pengurus Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Lumajang (H. Darwan) dan beberapa Pengurus PC LFNU Lumajang juga hadir dalam Safari dan Pelatihan Falak di Kecamatan Senduro ini.

Kegiatan ini dihadiri oleh delegasi dari Pengurus Ranting dan Pengurus Takmir Masjid Masing masing Desa Se-Kecamatan Senduro, tidak tertinggal lembaga Madrasah dibawah naungan LP Ma’arif juga turut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Pelatihan ini di isi penuh dengan materi Kalibrasi Arah Kiblat dan juga disempurnakan dengan praktek pengurukan Arah kiblat di masjid Assyafiiyah Desa Pandansari yang jaraknya dekat dengan lokasi pelatihan. Dalam prakteknya arah kiblat di masjid Assyafiiyah desa Pandansari agak melenceng 6 derajat ke arah utara.

Baca Juga:  LFNU Lumajang Bimbing Penentuan Arah Kiblat Musholla Baru

PC-LFNU-Gandeng-Kemenag-dan-Baznas-Gelar-Safari-Falak-di-Senduro-2

Acara yang diikuti oleh 25 peserta ini mendapat tanggapan positif dari berbagai pihak. Mewakili Pengurus MWC Kec. Senduro Ust. Imron Jalil menyatakan mengucapkan terima kasih kepada PC LFNU Lumajang yang telah bersedia melaksanakan kegiatan ini di Kecamatan Senduro.

“Kami juga berharap pelatihan seperti ini tidak berhenti sampai disini saja, akan tetapi ada kegiatan pelatihan lanjutan,” ujarnya.

Menanggapi Hal itu Ketua PC LFNU Lumajang Ust Hidayatullah menyatakan bahwa lembaganya mengadakan kegiatan seperti ini hanya ingin memperbanyak kader Falakiyah mengingat minat masyarakat pada ilmu falak sangat minim.

Baca Juga:  Cek Kesiapan Diresmikan, Dinas Kesehatan Kunjungi Klinik NU

“Kami ingin memperbanyak kader falakiyah yang minim dimiliki oleh masyarakat,” jelasnya.

“Oleh karena itu kami berharap ilmu yang telah di peroleh bisa dikembangkan, dan insyaallah nantinya akan menggelar pelatihan falakiyah lanjutan”, lanjut ust Hidayatullah.

Di sesi penutupan acara H Syamsul Hadi Selaku Penyelenggara Syariah Kementerian Agama Kabupaten Lumajang mengatakan bahwa dengan ilmu yang sudah di peroleh kami mengharap masing masing dari peserta bisa mengukur masjid atau musholla yang ada didaerahnya masing masing, dan melaporkan hasilnya, sehingga kami tau sejauh mana tingkat akurasi arah kiblat di daerah Senduro ini”, tuturnya.

Sementara dari Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Lumajang H Darwan Menyatakan Siap Menfasilitasi Kegiatan Kegiatan seperti ini. (fauzan)