Ketua PCNU Lumajang Pimpin Deklarasi Lumajang Damai

oleh -Dibaca oleh 44 Warga NU
Ketua-PCNU-Lumajang-Pimpin-Deklarasi-Lumajang-Damai
Berobat ke Klinik NU Lumajang

Lumajang -Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Lumajang Pimpin pembacaan deklarasi Aksi Lumajang Damai di Alun-Alun Kota Lumajang, Selas (21/05/19). Meski dalam suasana puasa, deklarasi yang dihadiri puluhan elemen masyarakat Lumajang ini berlangsung khidmat dan lancar.

“Alhmadulillah, PCNU dipercaya membacakan deklarasi Lumajang damai tersebut. Karena NU memang sangat konsisten dalam menyerukan isu-isu perdamaian,” ungkap ketua PCNU Lumajang, Gus Mas’ud.

Dalam deklarasi ini, Gus Ud, panggilan akrabnya, membacakan lima poin pernyataan sikap elemen masyarakat Lumajang. Mengingat, kondisi bangsa yang memperihatinkan pasa pemilihan presiden dan wakil presiden. Bahkan puncaknya, gerakan people power pada hari Rabu, (22/05/19).

Advertisements
Lazisnu Lumajang
Baca Juga:  Ansor Randuagung Respon Pembagian Daging Kurban Tanpa Kantong Plastik

Gus Ud, dalam amanat deklarasinya, menyerukan agar semua elemen bangsa tetap setia pada negara kesatuan dan persatuan Indonesia berdasarkan Pancasila, UUD 45 dan NKRI.

“Karena komitmen pada pancasila, UUD 45 dan NKRI telah final dan tak perlu diperdebatkan lagi,” lanjutnya.

Deklarasi itu, juga menentang segala bentuk gerakan yang merongrong martabat bangsa, dengan cara-cara inkonstitusional.

“Termasuk dalam hal gerakan people power. Karena gerakan ini diduga telah di tunggangi kepentingan kelompok anti pada pancasila,” tambahnya.

Lebih lanjut, ketua PCNU Lumajang, semua elemen masyarakat Lumajang yang hadir dalam acara deklarasi ini menentang semua gagasan, idiologi, dan gerakan yang anti panasila, NKRI.

Baca Juga:  PCNU Instruksikan MWC dan Ranting sosialiskan Klinik NU

“Kami juga mengajak pada semua masyarakat Lumajang menolak segala bentuk hoax, provokasi, tindakan intoleran dan ajakan -ajakan yang mengarah pada terpecahnya negara persatuan Indonesia,” urainya.

Diakhir deklarasinya, Gus mas’ud juga menyeru pada semua elemen bangsa, untuk menyudahi polarisasi politik. Karena beda pilahan. Masyarakat Lumajang jangan terpeah belah. Atau justru beda pilihan dijadikan alasan untuk menjadi terpah belah.

“Sebagai anak bangsa, sudah saatnya kita merajut kembali persatuan dan kesatuan bangsa. Guna terwujudnya kehidupan berbangsa dan bernegara yang harmonis dan sejahtera,” tutupnya.

Ini 5 Poin Deklarasi Aksi Lumajang Damai

Deklarasi-Aksi-Lumajang-Damai-5-poin

(arif)