Ratusan Elemen Masyarakat Gelar Aksi Lumajang Damai

oleh -Dibaca oleh 29 Warga NU
Ratusan Elemen Masyarakat Gelar Aksi Lumajang Damai
Berobat ke Klinik NU Lumajang

Lumajang – Gema penolakan terhadap gerakan people power terus terjadi. Kali ini, ratusan elemen masyarakat Lumajang mengelar aksi damai di lapangan Alun-Alun Kota Lumajang. Selain seruan menjaga kesatuan dan persatuan, aksi ini juga bentuk penolakan rencana aksi people power pada hari ini, (22/05/19).

Hadir dalam acara ini, Ketua pengurus Tanfidziyah Nahdlatul Ulama (PCNU Lumajang) Gus Mas’ud, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Forum Lintas Agama, Pendeta, Romo, Persatuan Hindu Darma Indonesia (PHDI), para Pecalang, GP Ansor, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Lumajang, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Persaudaraan Cinta Tanah Air, Pegiat Seni Lumajang, Kaum Disabilitas, dan banyak elemen masyarakat lainnya.

Acara yang dimulai sejak jam tiga sore ini, berlangsung meriah. Berbagai pagelaran budaya di tampilkan, sebelum acara deklarasi di mulai. Mulai dari seni tari, Musik, dan aneka kesenian lainnya. Acara ini pun diakhiri dengan pembacaan deklarasi yang di pimpin ketua PCNU Lumajang dan pelepasan ribuan balon merah putih.

Advertisements
Lazisnu Lumajang

Ketua koordinator Aksi Lumajang damai, Gus Aak Abdullah Kudus, kegiatan ini merupakan bentuk keprihatinan sejumlah elemen masyarakat Lumajang pada kondisi bangsa pasca Pemilihan Umum (PEMILU) legislatif maupun presiden.

Baca Juga:  PC GP Ansor Lumajang Ikut Aksi Akbar Dukung Polres Tuntaskan Kasus Money Game

“Masyarakat Indonesia menjadi Polarisasi. Sehingga dua kelompok pendukung ini mengesankan saling bermusuhan. Pun, polarisasi ini juga diperparah dengan konflik elit-elit politik,” sambutnya di depan para peserta aksi, Selasa (21/05/09)

Bentuk nyatanya, rencana Gerakan aksi peopel power pada tanggal 22 Mei hari ini di Jakarta. Para pendukung salah satu peserta pemilu tak puas atas keputusan Komisi Pemilihan UMUM (KPU) atau Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU).

“Elemen masyarakat Lumajang menyerukan agar kita menjaga perdamaian. Mari kita sudahi perbedaan- perbedaan pilihan ini. Kita kembali hidup berdampingan secara harmonis. Karena perbedaan pilihan ini biasa,” ajaknya.

Lebih lanjut, laki-laki yang didapuk sebagai ketua Gus Durian Jawa Timur ini, acara ini mendapatkan sambutan baik dari semua elemen masyarakat Lumajang. Semua kelompok masyarakat yang diundang hadir dalam aksi ini. Mereka mengamini seruan damai ini.

“Alhamdulillah, meski acara ini mendadak. Tapi antusias peserta aksi sangat tinggi. Bahkan partisipasi peserta dalam memberikan sumbangan makanan berlebih,” tuturnya.

Baca Juga:  PCNU dan Jatman Lumajang Rayakan Isro' Mi'raj dan Harlah

Sementara itu, Kapolres Lumajang AKBP DR. Muhammad Arsal Sahban, SH, MH menyambut baik gerakan ini. Karena gerakan people power ke Jakarta ini lebih besar modhoratnya dari pada manfaatnya. Apalagi gerakan ini ada indikasi ditunggangi oleh kelompok-kelompok yang ingin mendirikan negara Khilafah di indonesia.

“Untuk menjaga keselamatan warga Lumajang, maka kami telah melakukan aksi razia tehadap kendaraan, tempat pemesanan tiket dan perusahaan organda (PO), guna mempersempit masyarak yang akan ke Jakarta,” ujarnya.

Semoga gerakan ini menjadi pesan damai bagai warga Lumajang dan indonesia. Warga Lumajang tepat bisa hidup harmoni. Dengan deklarasi ini tak adalagi kubu pasangan calon nomer dua atau nomer satu. Semua warga Indonesia.

“Bahkan untuk Lumajang, Kami telah membentuk tim Kobra, guna menjaga kondusifitas dan keamanan warga Lumajang. Sehingga Lumajang tak lagi di kenal sebagai kota begal. Tapi Lumajang akan kebih dikenal dengan negeri diatas Awan,” tutupnya. (arif)