Bersama Lintas Elemen, NU Lumajang Bacakan Deklarasi Damai

oleh -Dibaca oleh 51 Warga NU
Berobat ke Klinik NU Lumajang

nu-lumajang.or.id– Menyikapi berbagai pandangan yang berkembang mengenai hasil pemilu serentak beberapa waktu lalu, para tokoh di Kabupaten Lumajang melakukan kegiatan yang merupakan hasil inisiasi dari berbagai pihak. Aksi Lumajang Damai yang diselenggarakan tersebut merupakan hasil rumusan dari berbagai elemen masyarakat. Digelar Selasa Sore (21/05) di pelataran alun-alun Kabupaten Lumajang. Mulai dari organisasi kemasyarakatan, organisasi kepemudaan, organisasi mahasiswa, komuitas, forum kerukunan umat beragama hingga institusi keamanan negara ikut andil dalam acara tersebut.

Moh. Mas’ud, S. Ag., M. A selaku ketua PCNU Kabupaten Lumajang memimpin deklarasi damai lintas sektor tersebut dan diikuti oleh segenap masa aksi. Lima poin deklarasi Lumajang damai tersebut merupakan ikrar semangat nasionalisme dan kebangsaan yang digelorakan dengan lantang di bumi wiraraja. Menerima dengan semangat kepatuhan tinggi sebagai warga negara yang taat hukum dan konstitusi. Semangat masa aksi tumpah ruah karena kegiatan tersebut bertepatan dengan hari kebangkitan nasional yang jatuh pada tanggal 21 Mei.

Baca Juga:  Membangun Sosial Organisasi Pelajar NU di Lumajang

Advertisements
Lazisnu Lumajang

AKBP. DR. Muhammad Arsal Sahban. SH. SIK. MM. MH menuturkan “bahwa kita sebagai warga negara taat dan mematuhi konstitusi yang berlaku. Sudah seharusnya menghormati apapun hasil dari penyelenggaraaan pemilu kali ini. Segala tindakan institusional yang kaitannya mengajak dan memprovokasi masyarakat dengan narasi-narasi yang mengandung unsur kebohongan atau hoax yang bersifat inskonstitusional,maka berhadapan dengan TNI dan POLRI. Beliau juga mengajak, agar masyarakat tidak mudah melakukan tindakan-tindakan yang mementingkan ego sektoral dan kelompok yang akhirnya mempertegang hubungan sosial kemasyarakatan.
Sudah saatnya kita tidak mudah terpengaruh dengan berita hoax yang mengacaukan kehidupan berbangsa dan bernegara kita. Dalam bulan Ramadhan kalai ini mari kita sedikit demi sedikit melenturkan ego kelompok dan golongan untuk meneguhkan kembali semangat kebangsaan usai moment pemilu” Tegas Arsal.

Baca Juga:  Tiga Lembaga Pemenang NU Award Serahkan Piala ke PCNU Lumajang

Ketua PCNU Lumajang Gus Mas Ud juga menambahkan ,”agar kembali mengedepankan semangat kebersamaan dan kebangsaan dalam berkehidupan sosial kemasyarakatan. Menyikapi pemilu ini sebagai ajang untuk terus menerus mempertebal kedewasaan berdemokrasi kita. “ Bertepatan dengan moment hari kebangkitan nasional kali ini, dan menjelang peringatan nuzulul qur’an kali ini mari kita bersama-sama kembali., berkehidupane kembali dengan tidak terpengaruh dengan pengaruh untuk melakukan tindakan inkonstitusional. Secepat mungkin kita ciptakan kondusifitas , dan dewasa dalam menyikapi segala hasil dari perhelatan demokrasi kita.

Kegiatan yang juga merupaka prakarsa dari Gus Aak Abdullah Al Kudus sebagai Dewan presidiun Gusdurian Jatim tersebut berlangsung khidmat hingga saat berbuka menjelang. Dari pantauan NU-Lumajang, ribuan masa terus berdatangan selama aksi tersebut berlangsung. Tidak ada yang bergeser dari lokasi tersebut hingga aba-aba tanda acara telah berakhir diserukan. (Yik)