LFNU Gelar Pelatihan Kalibrasi Arah Kiblat di Desa Bago Pasirian

oleh -Dibaca oleh 108 Warga NU
LFNU Gelar Pelatihan Kalibrasi Arah Kiblat di Desa Bago Pasirian

Pasirian, Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) menggelar pelatihan kalibrasi arah kiblat di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Ulum desa Bago Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang.

Menurut ketua lembaga LFNU, Hidayatullah, acara kalibrasi atau pengukuran dan pengecekan arah kiblat ini bekerja sama dengan kementerian agama Lumajang dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

“Hadir dalam pelatihan bagi zona Pasirian dan Candipuro ini, perwakilan dari Kemenag, H. Samsul Hadi dan Baznas Lumajang, H. Atok,” ungkapnya.

Pelatihan kaliberasi dengan teknologi komputer ini, diperuntukan bagi keder LFNU dan Lembaga Takmir Masjid NU (LTMNU), dan Ranting NU se-Majelis Anak Cabang (MWC) kecamatan Pasirian, Candipuro, Gucialit, Senduro dan Pasrujambe.

LFNU Gelar Pelatihan Kalibrasi Arah Kiblat di Desa Bago Pasirian

“Alhamdulillah, semua peserta bisa hadir dalam pelatihan ini. Mereka sangat antusias mengikutinya dari awal Sampai akhir pelatihan,” tuturnya lagi.

Dari pelatihan ini, peserta bisa menularkan ilmunya ke kader NU lainnya. Sehingga mereka bisa melakukan kalibrasi arah kiblat di daerah masing-masing.

“Untuk pelatihan berikutnya, LFNU akan memfokuskan pada pelatihan falakiyah. Harapannya, para peserta bisa membuat kalender jadwal awal waktu sholat dan puasa,” jelasnya.

Sementara itu, Kasi Peyelenggara Syariah Kemenag Lumajang, H. Samsul Hadi, menyambut baik kegiatan ini. Kemenag belum bisa melaksanakan kegiatan serupa. Meski ini adalah tugas dan fungsi kemenag melakukan kalibrasi arah Kiblat.

“Kemenag terkendala masalah dana. Sehingga lembaganya tak bisa menggelar pelatihan semacam ini. Alhamdulillah, berkat suntikan dana Baznas bekerja sama LFNU, pelatihan bisa terlaksana,” tutupnya. (arif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *