Nota Keberatan PCNU Lumajang atas Pengibaran Bendera NU pada Kampanye Politik Pasangan Calon Presiden 02

oleh -Dibaca oleh 382 Warga NU
Nota Keberatan PCNU Lumajang atas Pengibaran Bendera NU pada Kampanye Politik Pasangan Calon Presiden 02

Assalamualaikum Wr. Wb.

Mencermati adanya kegiataan pengibaran “Bendera NU” pada kegiatan kampanye akbar pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Nomor urut 02 di Stadion Semeru Lumajang pada tanggal 4 April 2019 kemarin. Maka Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Lumajang merasa perlu menyampaikan beberapa pandangan sebagai berikut :

  1. Kami menyampaikan bahwa “Bendera NU” merupakan kehormatan Jam’iyah Nahdlatul Ulama yang merupakan hasil istikhoroh para Muassis Jamiyah Nahdlatul Ulama yang mencerminkan nilai-nilai luhur dan harokah perjuangan NU dalam kehidupan Beragama, Berbangsa dan Bernegara.
  2. Kami Jam’iyah NU memandang bahwa sebuah aspirasi atas hajat politik adalah sebuah hak setiap warga negara. Namun demikian, NU memandang bahwa kinerja politik untuk meraih simpati masyarakat harus dilakukan dengan cara yang bermartabat tanpa menodai lembaga-lembaga, Organisasi dan institusi resmi di Republik ini.
  3. Kami mewakili segenap keluarga besar NU Kabupaten Lumajang menyampaikan kekecewaan dan nota keberatan yang sangat dalam atas tindakan penyalahgunaan “Bendera NU” tersebut dalam kegiatan kampanye akbar Paslon 02 yang bertempat di Stadion Lumajang pada hari Kamis, 4 April 2019.
  4. Kami menyampaikan bahwa tindakan pengibaran “Bendera NU” dalam kegiatan kampanye politik semacam itu adalah bentuk pelecehan kepada Jam’iyah Nahdlatul Ulama yang dapat menimbulkan gesekan horisontal di tengah masyarakat.

Demikian yang bisa kami sampaikan untuk diketahui dan disebarluaskan kepada masyarakat umum.

Lazisnu Lumajang

Wallahul muwaffiq ila aqwamit thoriq
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Ditetapkan di : Lumajang
Pada tanggal : ¬30 Rajab 1440 H.
06 April 2019 M.

NOTA KEBERATAN PENGIBARAN BENDERA NU PADA KAMPANYE PASANGAN CALON PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN 02