Kyai Ngadiyin Anwar: JATMAN Roh Nahdlatul Ulama

oleh -Dibaca oleh 162 Warga NU
Kyai Ngadiyin Anwar: JATMAN Roh Nahdlatul Ulama

Sumberejo -Rois Idarah Jamaah Alithoriqoh Almu’tabaroh (JATMAN) Jawa Timur Kyai H Ngadiyin Anwar mengatakan keberadan Jatman dalam NU ibarat Rohnya. Maka, jika ruhnya baik, maka badannya juga akan baik. Pun sebaliknya. Maka Keberadaan Jatman di NU harus dirumat dengan baik.

“Karena keberadaan Jatman akan meningkatkan kualitas jamiyah Nahdlatul Ulama. Maka sudah seyogyanya Jatman harus mendapatkan perhatian dan Jatman bisa bekerjasma dengan warga NU maupun Jamiyah lainnya,” Ungkap Kyai asal Madiun, saat memberikan sambutan dalam acara Isro’ Mi’roj dan HARLAH NU di kantor PCNU Lumajang.

Apalagi kultur agama islam Indonesia, NU khususnya memiliki sikap tawadlu pada sesama, lebih-lebih pada gurunya. Maka sulit menemukan keberagamaan warga NU menonjolkan diri.

Lazisnu Lumajang

“Ini sesuai dengan ajaran-ajaran dalam JATMAN. Jika kualitas JATMAN baik, maka kultur NU akan baik pula,” lanjutnya.

Meski sikap keberagamaan umat NU selalu merendah ini, juga sering dimanfaatkan kelompok-kelompok lain. terutama kepentingan politik. “Sehingga kelompok lainnya merasa lebih dari pada NU. karena Warga NU Tak bisa menonjolkan diri sendiri,” timpalnya.

Warga NU harus meningkatkan kualitas batinnya. sebagimana cara-cara yang telah di lakukan JATMAN, Sehingga dalam momentum kontestasi demokrasi ini, NU tak terombang ambing dalam pusaran kepentingan politik.

“Ikut bersama Jamaah Jatman akan meningkatkan ketenangan batin. Bahkan akhirnya akan makin mendekatkan diri dengan Allah. Maka tak salah jika JaTMAN yang jumlahnya ini, memiliki tempat permanen. Gunanya, Wadah bagi Jatman melakukan konsolidasi,” pungkasnya.