Peringati Harlah NU, PC LDNU dan Lesbumi Gelar Ziarah Muassis NU Lumajang

oleh -Dibaca oleh 102 Warga NU
Peringati Harlah NU, PC LDNU dan Lesbumi Gelar Ziaroh Muassis, dan Penggerak Nadlatul Ulama di Lumajang

Lumajang, NU-Lumajang.or.id – Dalam Rangka memperingati Hari Lahir (Harlah) Nahdlatul Ulama ke- 96, pengurus cabang Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) dan Lembaga Seni dan Budaya Islam (LESBUMI) menyelenggarakan Ziarah Muassis dan penggerak Nahdlatul Ulama di Lumajang.

Kegiatan ini diselenggarakan pada Kamis Sore, 21/03/2019 di pemakaman Jogoyudan – Lumajang, dimana dipemakaman ini Tokoh sekaligus Muassis NU Lumajang, Kyai Barizi dan Kyai Anas Mahfudz disemayamkan.

Hadir dalam kegiatan ini Gus Kafi, sebagai dzurriyah dari Kyai Anas Mahfudz, Kyai Khozin Barizi sebagai Dzurriyah dari Kyai Barizi. Disamping itu juga dihadiri Gus Mas’ud, ketua PCNU Lumajang dan jajarannya, pengurus MWC NU Kota Lumajang, dan beberapa pengurus Lembaga.

Diawali dengan Sholat Ashar berjamaah di Masjid Agung, kemudian berangkat bersama-sama ke Pemakaman Jogoyudan. Setelah pembukaan, kemudian sambutan-sambutan, lalu disampaikanlah manaqib oleh para dzurriyah, doa bersama, dan di akhiri dengan tabur bunga.

Baca juga: Sejarah Berdirinya NU di Lumajang

Ketua PCNU Lumajang, Gus Mas’ud dalam sambutannya menyampaikan sejarah bahwa Kyai Anas Mahfudz sebagai santri dari Hadrotus Syaikh Kyai Hasyim Asy’ari adalah pendiri NU di Lumajang.

“Beliau memanfaatkan Muktamar NU yang ada di Banyuwangi pada tahun 1934, sehingga bisa menghadirkan Kyai Hasyim As’ari dan Kyai Wahab Hasbullah di Lumajang dan memproklamirkan Jam’iyah Nahdlatul Ulama di Lumajang”, jelas Gus Mas’ud.

Gus Mas’ud merasa bersyukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah berupa jam’iyah Nahdlatul Ulama yang telah didirikan oleh Kyai Anas Mahfudz.

“Kami tidak ingin dianggap sebagai Generasi yang kufur Nikmat, maka kami Pengurus NU menyelengarakan kegiatan ini adalah sebagai tanda syukur kami karena telah diberikan Jam’iyah ini”, sambut Gus Mas’ud.

“Semoga kita Sebagai Pengurus NU diberikan Ma’unah oleh Allah, sehingga kita bisa melanjutkan perjuangan Kyai Barizi dan Kyai Anas Mahfudz”, pungkas Gus Mas’ud.

One thought on “Peringati Harlah NU, PC LDNU dan Lesbumi Gelar Ziarah Muassis NU Lumajang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *