PC LFNU Gandeng Kemenag Lakukan Kalibrasi Arah Kiblat

oleh -Dibaca oleh 103 Warga NU
PC LFNU Gandeng Kemenag Lakukan Kalibrasi Arah Kiblat
Berobat ke Klinik NU Lumajang

Senduro, Nu-Lumajang.or.id – Penguruas Cabang Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (PC LFNU) Lumajang dan Kementerian Agama Kabupaten Lumajang mengunjungi beberapa masjid di kecamatan Senduro pada hari Rabu (27/02/2018) untuk mengukur kalibrasi arah kiblat di beberapa masjid di kecamatan Senduro.

Salah satu masjid yang menjadi tempat tujuan berkunjung dua  instansi tersebut adalah Masjid Al-Ikhlas Sarikemuning, yang terletak di Dusun Krajan Desa Sarikemuning Kecamatan Senduro.

H. Samsul Hadi, SH, Ma selaku penyelenggara syariah Kementerian Agama Kabupaten Lumajang prihatin terhadap adanya arah kiblat masjid yang masih kurang benar termasuk di masjid Al-Ikhlas ini.

Advertisements
Lazisnu Lumajang

“Di Masjid Al-Ikhlas ini akurasi arah kiblatnya selisih 9 derajat dari bangunan, 9 derajat itu jika per satu derajat selisi 136 KM dari kiblat maka lebih dari 1222 KM menyimpangnya dari kiblat”, jelasnya.

PC LFNU Gandeng Kemenag Lakukan Kalibrasi Arah Kiblat

Dalam wawancaranya beliau juga menyampaikan bahwa dalam rangka kalibrasi arah kiblat akan terus berjalan ke masjid-masjid yang ada di Kabupaten Lumajang yang jumlahnya lebih dari 300 masjid, selain hal-hal yang bersifat insidentil atau ada permintaan yang  siap didatangi.

Baca Juga:  PC LFNU Gandeng Kemenag dan Baznas Gelar Safari Falak di Senduro

“Untuk mensukseskan program ini perlu adanya kerja sama dari beberapa pihak antara lain LFNU dan BAZNAS Kabupaten Lumajang , sementara anggaran yang di gunakan adalah anggara DIPA,” ujarnya.

Menurut pria yang akrab di panggil Haji Samsul ini,  sejauh ini sudah kurang lebih 60 masjid dan musholla di tahun 2018 yang telah dilakukan Kalibrasi. Dia juga menghimbau masyarakat untuk bisa berkoordinasi dengan Kepala KUA Kecamatan jika membutuhkan akurasi arah kiblat, agar selanjutnya bisa dikomunikasikan kepada penyelenggara syariah atau Lembaga Falakiyah.

Dalam kesempatan itu Ust Hidayatullah, S.Kom menjelaskan bahwa  ini merupakan program pertama LFNU yang berkolaborasi dengan Kementerian Agama Kabupaten Lumajang selama iya menjadi pengurus LFNU.

Baca Juga:  Santri Nurut Tauhid Wonorejo Raih Juara ke-3 Lomba Hifdzil Qur'an Se Jawa-Bali

“Kedepan kami akan terus bekerja sama dengan beberapa pihak dalam mensukseskan program unggulan LFNU Lumajang yaitu sertifikasi arah kiblat 1000 masjid dan Musholla”.

Kalibrasi arah kiblat di masjid yang berada di jalur utama Jalan Raya Senduro Lumajang ini, dihadiri juga oleh Bapak Joyo Hadi Wiyoto, SH Selaku Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Senduro.

Dia menjelaskan bahwa selisih arah kiblat yang terjadi di masjid Al-Ikhlas ini kemungkinan disebabkan oleh gejala alam atau pengukuran yang pertama kurang akurat, insyaallah pengukuran yang terakhir ini lebih akurat.

Setelah pengukuran arah kiblat selesai, selanjutnya ada penanda tangangan berita acara Kalibrasi Arah Kiblat oleh Pakar Falak dan Takmir Masjid Al-Ikhlas Sarikemuning. Kemudian rombongan penyelenggara syariah Kemenag Lumajang dan PC LFNU Lumajang melanjutkan perjalan ke masjid Baitur Rohman Senduro dengan kegiatan yang sama.