PC LDNU-LFNU Gelar Safari Falak dan Pembekalan Aswaja An-Nahdliyah

oleh -dibaca 139 orang
PC LDNU-LFNU Gelar Safari Falak dan Pembekalan Aswaja An-Nahdliyah

Pasrujambe, NU-Lumajang.or.id – Pengurus Cabang Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (PC LFNU) bersama  Pengurus Cabang Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (PC LDNU) menggelar kolaborasi kegiatan  di Masjid Baitul Muttaqin, Dusun Gasri Desa Sukorejo Kecamatan Pasru Jambe – Lumajang pada hari Sabtu, (2/2/2019) malam.

Safari Falak sebagai kegiatan dari PC LFNU dan Pembekalan Asjawa An-Nahdliyah merupakan kegiatan dari PC LDNU.

Dalam acara tersebut dihadiri oleh ketua PC LFNU Ustadz Hidayatullah, S.Kom, Ketua PC LDNU KH. Wachid, MA, Dewan Pakar Ilmu Falak Ustadz Kun Muhandis dan Dewan Pengurus Harian dari masing-masing lembaga.

Acara ini dimulai dengan  Istighotsah bersama yang dipimpin oleh Pengurus harian LDNU Lumajang dilanjutkan dengan Pembekalan Aswaja An-Nahdliyah oleh ketua PC LDNU KH Wachid, MA, pemaparan singkat Program kerja LFNU dan sosialisasi ilmu Falak yang disampaikan oleh Dewan Pakar PC LFNU Ustadz Kun Muhandis.

Baca Juga:  Melonisty dan PC PMII Lumajang Salurkan Bantuan Bencana Lewat Lazisnu

Dalam sosialisasinya, Ustadz Kun Muhandis, atau yang akrab di panggil Gus Kun ini menyampaikan secara gablang tentang ilmu falak terutama tentang pengukuran arah kiblat.

Gus Kun meminta warga dan pengurus takmir mempratikkan dan observasi langsung pengukuran arah kiblat masjid Baitul Muttaqin.

“Hasilnya arah kiblat masjid Darul Muttaqin sedikit melenceng dari arah kiblat sebenarnya,” jelas Gus Kun.

Setelah pengukuran arah kiblat selesai, kemudian dibuka sesi tanya jawab. Pertanyaan dari masyarakat dan takmirpun bermunculan, mulai dari tingkat akurasi keafsahan pengukuran sampai hukum dalam sholat.

PC LDNU-LFNU Gelar Safari Falak dan Pembekalan Aswaja An-Nahdliyah

Pertanyaan-pertanyaan tersebut di jawab dan dijabarkan secara rinci dan gamblang oleh Gus Kun selaku pemateri Ilmu Falak dan KH. Wachid,MA selaku pemateri Aswaja An-Nahdliyah yang ikut serta menjawab tentang hukum sholat.

Baca Juga:  LTNNU Lumajang Wujudkan Media Rujukan Nahdliyin

Dalam penyampaian materinya Gus Kun juga menyampaikan dan mengajak masyarakat belajar falak, minimal bisa menentukan arah kiblat daerah sendiri karena penetuan arah kiblat sangat rentan mengingat selisih 1 drajat dalam pengukuran arah kiblat sama 136 KM.

Di akhir acara, Ketua PC LFNU Lumajang Ustadz Hidayatullah, S.Kom menjelaskan bahwa acara seperti ini merupakan tahap awal program unggulan LFNU yaitu sertifikasi arah kiblat 1000 masjid dan musholla.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan masyarakat mempunyai bekal dalam menentukan arah kiblat yang tepat”, Harap Ketua PC LFNU tersebut.

Acara ini kemudian di akhiri dengan foto bersama Pengurus LFNU dan LDNU Lumajang bersama tokoh dan takmir masjid Darul Muttaqin Sukorejo.  (Samsul Arifin)