LFNU Rencanakan Safari Falak ke MWC, Pesantren dan Madrasah

oleh -Dibaca oleh 133 Warga NU
LFNU Rencanakan Safari Falak ke MWC, Pesantren dan Madrasah

Lumajang, NU-Lumajang.or.id – Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Lumajang mengelar Rapat Kerja di Kantor Kementrian Agama, Jalan Sultan Agung,  Senin, (21/01/19). Dalam rapat ini menyusun program kerja setahun kepengurusan LFNU untuk periode 2019 hingga 2020.

Hadir dalam acara rapat ini, ketua Lembaga LFNU, Hidayatullah, dan jajaran pengurusnya. Bahkan koordinator ketua lembaga, Ahmad Qusyairi juga mendaping acara raker ini.

Menurut sekretaris LFNU, Fathur Rahman, banyak program disikapi dalam raker ini, terutama program yang menjadi amanat rekomendasi dari Konfercab kemarin.

Lazisnu Lumajang

“LFNU akan melakukan safari Falak ke MWC, Pesantren, dan madrasah, tujuannya ingin menyadarkan bagi lembaga lembaga itu, atas pentingnya ilmu Falakiyah,” ungkapnya.

Selain itu, LFNU juga memiliki program penentuan awal bulan Hijriah, melakukan pengamatan pada hilal, dan menerbitkan kalender dengan penghitungan bulan hijriyah yang akurat.

“Kita juga akan menghitung waktu awal sholat dan melakukan sertifikasi 1000 arah kiblat di Lumajang,” tambahnya.

Tak kalah pentingnya, LFNU juga akan melakukan kaderisi Ulama’ Hisab dan ru’yat. Sehingga nantinya, banyak warga NU bisa menjadi ahli dalam ilmu hisab dan rukyat ini.

“Kita akan menggelar pelatihan-pelatihan pada tentang ilmu hisab dan observasi hilal ini di tingkat MWC, Sehingga tercipta kader baru ahli hisab dan hilal,” tutupnya. (rif)