LTM dan JQH Akan Gelar Pelatihan Imam Khotib Se-Lumajang

oleh -dibaca 155 orang
LTM dan JQH Akan Gelar Pelatihan Imam Khotib Se-Lumajang

Lumajang, NU-Lumajang.or.id – Lembaga Ta’mir Masjid (LTM) bersama Jamiyatul Qurro’ wal Huffadz (JQH) akan menggelar pelatihan imam khotib dan bacaan tilawah se-Lumajang.

“LTM NU dan JQH NU telah memutuskan pelaksaan pelatihan ini, pada tanggal 24 Januari tahun ini,” Ungkap sekretaris LTM NU, Suwardi, S.H, MH, saat dikonfirmasi usai rapat di kantor Majelis Ulama Indonesai (MUI) Lumajang.

Lebih lanjut, Suwardi menjelaskan, acara pelatihan ini akan dilaksanakan di Masjid Muhajirin perumahan Sukodono Permai, desa Selok Besuki, Kecamatan Sukodono. Semua imam masjid, Khotib NU akan menjadi peserta pelatihan tersebut.

Baca Juga:  PC JQH NU Lumajang Luncurkan Program "Jamqur Go To School"

” Tujuannya, untuk meningkatkan kapasitas Imam Masjid, khotib dalam pembacaan tilawah yang bertajwid. Meski LTM dan JQH menyakini, para peserta ini tak diragukan lagi kemampuannya,” tambahnya.

Selain itu, Pelatihan ini, juga menyambut program Gubernur Jawa Timur akan ada verifikasi Imam masjid dan pembacaan khotib jumat. ” Kita persiapkan semua Imam dan Khotib kader ini, menghadapi tuntutan tersebut. Karena selain kriteria profesionalitas, Imam dan khotib juga akan mendapatkan insentif dari Gubernnur,” bebernya.

Hasil dari pelatihan ini, para imam dan khotib dalam membaca tilawah bisa bertajwid. Tak hanya itu, mereka juga bisa dapat memperdalam pembacaan mahkroj huruf dan tajwidnya.

Baca Juga:  PC LDNU Perkuat Aswaja An-Nahdliyah Di Ranuyoso

“Selain bacaannya tepat, orang yang mendegarnya pun nyaman. Karena bacaan tilwahnya merdu dan berlagu,” tuturnya.

Setelah pelatihan ini, para imam dan khotib makin berlomba lomba dalam meramaikan masjidnya. Selain telah mendapatkan bekal, juga mereka telah mendapatkan perhatian dari pemerintah.

“Harapannya, para imam dan khotib ini makin memakmurkan masjid dan mushollahnya, sehingga mereka makin berlomba-lomba dalam kebaikan,” tutupnya. (rif)