NU Care dan GP Ansor Salurkan Bantuan Untuk Korban Banjir Jatiroto

oleh -dibaca 158 orang
NU Care dan GP Ansor Salurkan Bantuan Untuk Korban Banjir Jatiroto

Lumajang. Bencana banjir di desa Sidorejo dan desa Rowokangkung Kecamatan Rowokangkung, Kabupaten Lumajang, terus mengundang kepedulian banyak pihak. NU Care, gabungan dari Lembaga dan badan otonom Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Lumajang ini, menyalurkan bantuan korban banjir di dua desa tersebut. Karena ada korban banjir belum terjamah bantuan, NU peduli juga diperluas ke korban banjir desa Jatiroto.

Ketua Gerakan Pemuda (GP) Ansor Lumajang, Gus Fahrur Rozi, pengiriman bantuan dari NU peduli ini, merupakan yang ketiga kalinya. Kali ini, GP Ansor Lumajang menjadi koordinator pendistribusian bantuan korban banjir.

“Ikut dalam pengiriman bantuan bagi korban banjir ini, Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI), Lembaga Amil zakat, Infaq dan Sodaqoh (Lazisnu) sebagai pendananya, dan GP Ansor,” tuturnya usai datang memberikan bantuan, di kantor PCNU Lumajang, Selasa, (25/12/18).

Laki-Laki yang biasa dipanggil akrab, Gus Eros ini, menambahkan, tim NU Peduli ini langsung menyerahkan bantuan ini ke Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang di posko bencana kantor desa Rowokangkung. Pilihan ini diambil, agar dalam penyalurannya lebih tepat sasaran. Karena Hasil koordinasi NU peduli, semua bantuan harus lewat satu pintu, BPBD Lumajang.

Baca Juga:  Kyai Enan Kembali Terpilih Menjadi Ketua MWC NU Ranuyoso

“Apalagi, GP Ansor Lumajang juga punya pengalaman mendistribuskan bantuan langsung pada korban banjir di dua desa ini. Tapi malah bantuannya menjadi rebutan, ini bentuk kepedulian semua elemen NU Lumajang,” ceritanya.

NU Care dan GP Ansor Salurkan Bantuan Untuk Korban Banjir Jatiroto

Untuk bantuan pada korban banjir desa Sidorejo dan Rowokangkung ini, lebih lanjut, Gus Eros, menyerahkan 120 nasi, 24 pembalut wanita, 34 paket pampers, dan 19 dos air mineral. “Semua bantuan ini, hal yang paling dibutuhkan korban banjir,” timpalnya.

NU Peduli ini, juga melebarkan jangkauan bantuannya ke desa Jatiroto. Karena perumahan bekas korban sampit ini juga menjadi korban banjir. Tapi belum terjamah bantuan. Padahal kondisinya memperihatinkan, ada dua rumah yang nyaris terseret banjir. Karena berada persis di atas bantaran sungai yang tergerus.

“200 bungkus nasi, delapan paket pakaian bekas, dan Lima dus air mineral. Semua bantuan ini dibagikan langsung pada korban banjir melalu RT dan RW. Dalam waktu bersamaan, istri Bupati Lumajang, Neng Musfarina Nuryatin juga memberikan bantuan,” lanjutnya.

Baca Juga:  RMI Dipercaya Penyalur BOSDA Madin

Warga korban banjir di desa Jatiroto ini, senang atas bantuan dari NU Peduli ini. Apalagi, Hanya NU Peduli dan Istri bupati Lumajang ini, yang memberikan bantuan pada mereka.

“Korban banjir desa Jatiroto berterima kasih pada NU Peduli. Karena selama tertimpa bencana, mereka belum mendapatkan bantuan. Cak Thoriq, sekaligus Kasat Korcab GP Ansor dan Bupati Lumajang memerintahkan, agar menyalurkan bantuan pada korban banjir Jatiroto tersebut, ” Tegasnya.

Bahkan NU Peduli yang di gawangi GP Ansor ini, juga akan terus terlibat dalam bencana ini, hingga pasca bencana. Karena cak Thoriq meminta NU Peduli, khususnya Ansor terlibat juga pasca bencana banjir. Ansor siap menerjunkan pasukannya.

“GP Ansor telah berkoordinasi dengan BPBD Lumajang untuk terlibat dalam penanganan pasca bencana tersebut. GP Ansor tinggal menunggu instruksi dari BPBD Lumajang” Tutupnya. (Rif)